Wednesday, June 29, 2011

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur

Doa sebelum tidur dan doa sesudah bangun tidur ini saya tulis untuk mengingatkan diri saya sendiri, dan untuk berbagi kepada umat islam semuanya :).

gelap telah menyelimuti setiap sudut matahari..
melingkarkan balutan cinta dengan penuh kebahagiaan..
kesempurnaan hari ini akan di tutup dengan sambutan rembulan..
beranjak meninggi hingga pagi mentari menjemput kembali...
selamat tidur wahai jiwa-jiwa yang ada di bumi..
semoga hari ini engkau masih mengingat sang Ilahi Robbi..


sebait puisi dari saya untuk ucapan selamat malam, manis ya..rembulan akan menjemput kita di malam yang terang.. Eittt.. jangan langsung tidur donk, cuci kaki, gosok gigi dan berwudhu, lalu bersyukurlah kita kepada sang penguasa jagad raya atas nikmat yang sudah ia berikan, waktu dan masih adanya nafas yang berlalu lalang di paru-paru kita , Alhamdulillah..


jangan lupa juga untuk membaca Doa Sebelum Tidur;

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ


bismikallahumma ahya wa amutu

Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

dan doa Sesudah Bangun Tidur;

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ


alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Keterangan :

Doa ini berdasarkan hadits nabi yang saya ambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya :
Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari)

semoga Allah selalu menjaga kita dalam lelap balutan malam yang tak pernah kita tau, semoga Doa sebelum tidur dan doa sesudah bangun tidur ini dapat membantu kita untuk menjadi seorang yang pandai bersyukur. jangan lupa di simpen ya doa sebelum tidur dan doa bangun tidurnya jika belum hafal hehe, tapi masak belum hafal :-P.

Referensi dari sini

1 comment: