Friday, September 23, 2011

Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha, pernahkah anda melakukan sholat dhuha ?. atau jangan-jangan anda masih belum tahu apa itu sholat dhuha, gak papa.. saya juga sedang belajar kok, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal hal baru yang positif bukan. Sholat Dhuha adalah sholat sunnat yang dilakukan ketika waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu dzuhur. Jumlah raka’at shalat dhuha bisa dengan 2,4,8 atau 12 raka’at. Dan dilakukan dalam satuan 2 raka’at sekali salam.

beberapa hari terakhir saya yang sedang keranjingan baca buku ini begitu rajin melakukan Sholat Dhuha, ingin memperbaiki diri, mencoba hal-hal yang positif dan semoga Allah Meridhoinya.

ini saya bagi Niat Sholat Dhuha :


Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa

dan berikut adalah Doa setelah Sholat Dhuha:



ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya : "Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

ada banyak sekali Keutamaan Sholat Dhuha, namun yang sering saya baca dan utama adalah sebagai pembuka pintu rezeki, seseorang hanya meluangkan waktu beberapa menit namun begitu berat karena tak terbiasa, itu yang saya rasakan saat pertama melakukan kegiatan Sholat Dhuha ini.

seperti yang di tulis oleh penulis best seller Ippho Santosa, kira-kira begini intinya

"jika kita ingin meminta sesuatu kepada Allah, ingin rezekinya lancar ? tapi kamu sudah berbuat apa untuk Allah maha Kaya dan sang pemberi rezeki ? jika sholat dhuha aja masih jarang di lakukan, Sedekah juga gak pernah."

bukankah kita harus belajar lebih baik, semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan selalu berfikir positif. mari kita sama-sama menegakkan sholat dhuha dengan tidak meninggalkan sholat fardhu tentunya ya..

semoga postingan saya membantu anda dalam menjalani sebuah kebaikan, mari lakukan sholat dhuha dan baca Doanya setelah Sholat dhuha :).

4 comments:

  1. Assalamualaikum...
    Wah...keren rajin shalat Duhanya,,,Keep Istiqomah...
    Berkunjung di sore hari,.....

    ReplyDelete
  2. wa'alaikum salam ..
    insyaAllah masih terus belajar dan memperbaiki diri..

    terimakasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. [...] juga: Doa Sholat Dhuha dan Bacaan doa Qunut yang juga saya tulis dalam blog [...]

    ReplyDelete
  4. assalamua'laikum,keutamaan shalat dhuha memang bnr2 mustazab dy hampir sm sperti shalt mlm

    ReplyDelete