Wednesday, September 28, 2011

Keutamaan dan Doa Sholat Tahajud

Sholat Tahajjud adalah solat yang di lakukan pada malam hari setelah bangun tidur. jam berapa kira-kira waktu yang baik untuk bertahajjud ? adalah pada sepertiga malam ketiga antara pukul 01.00 hingga menjelang waktu subuh. susah dan memang mungkin berat untuk sebagian seorang muslim untuk bangun di tengah malam, namun jika ada niat di hati yang kuat dan keyakinan untuk melaksanakan ibadah Solat tahajjud ada, insyaAllah Allah akan mempermudah.

keutamaan sholat sunnah tahajjud

“Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”


Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

kita kaum muslim pasti juga sudah mengerti, bahwa Allah tidak pernah Ingkar dengan semua janji-janjinya, tidak seperti kita manusia yang masih senang mengumbar janji dan dnegan mudah pula kita mengingkarinya.
keutamaan Sholat tahajjud ini jugalah yang membuat saya belajar Istiqomah dan semoga semakin baik setiap harinya.

dan berikut adalah niat sholat sunnah tahajjud
Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Doa setelah sholat tahajjud

doa setelah tahajjud, bacaan tahajud, doa setelah solat sunnah tahajud
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA'DUKAL HAQQU, WA LIQAA'UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU 'ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA'ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA 'ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A'LANTU, WA MAA ANTA A'LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU'AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya:
"Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itubenar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Betapa besar kuasa Allah, menciptakan Bumi dan isinya beserta aturan-aturan yang telah Allah tetapkan demi kehidupan yang jauh lebih baik.

mari kita bersama-sama mengistiqomahkan Sholat tahajjud, buat yang belum memulai, niatkanlah.. hanya karena Allah semata, insyaAllah allah akan menolong hambanya yang ingin berbuat baik.

tips dari saya menurut pengalaman bangun di malam hari adalah pasang jam alarm hape dengan sangat keras dari pukul 2 atau setengah 3 malam, tapi saya bangunnya setengah jam kemudian haha.. biasa ini manusia memang lagi ngantuk-ngantuknya :P.

semoga teman-teman semua bisa lebih baik dari saya, dan istoqomah dalam bertahajjud untuk Allah SWT amin. selamat belajar ya tentang Doa dan Keutamaan Sholat tahajjud.

baca juga:
Doa Sholat Dhuha dan Bacaan doa Qunut yang juga saya tulis dalam blog ini.

semoga bermanfaat :)

referensi : http://tuntunansholatdankumpulandoa.blogspot.com/2010/11/shalat-tahajud.html,
majelismunajat.com, dan google.co.id

5 comments:

  1. makasih udh kasih tau ttng sholat tahajud
    semoga diberkahi allah

    ReplyDelete
  2. Mau tanya, itu sholat tahajud do'anya emang begitu? ada haditsnya tidak?

    ReplyDelete
  3. sukron kasiron udah d ksh tau tntng semua ini ;)

    ReplyDelete
  4. saya mau nanya doang. apakah doa itu wajib dibaca. kalau saya kesulitan untuk menghafal dan tidak dibaca doanya itu boleh ngg menggunakan doa yang kita bisa saja. dan bates dari sholat tahjut itu pukul berapa

    ReplyDelete
  5. AQ boleh tanya khan mengenai doa,memang aq kurang pinter jd untuk menghafal aq kesulitan,boleh tidak di baca doanya,terus klu ditengah2 sholat aq lupa urutan doanya aq hrs gimana!
    trim ksh

    ReplyDelete