Friday, November 18, 2011

Kewajiban Seorang Istri Kepada Suami

Kewajiban Seorang Istri Kepada Suami, judul yang saya ambil ketika saya yang sedang senang belajar tentang cinta, pernikahan dan Islam. Adalah seorang teman yang baru saja sebulan menikah, ia sudah bercerita suka nangis, bukan bercerita tentang apa yang di alami dan di jalani bersama sang suami, bukan tentang keburukannya, bukan tentang urusan rumah tangganya. Ketika ia bercerita,

"saya semalam nangis, ada sms di hape suami dan saya tahu itu sms bawaan hape karena ia baru saja di beri oleh bosnya, tapi saya pura-pura ngambek dan saya diamkan dia"

sebenernya ini niat menggoda atau niat iseng sih hehe..

Ini adalah contoh kasus yang di alami oleh sahabat saya, yang membuat saya risih. Entah saya yang belum pernah mencicipi manisnya pertengkaran dalam pernikahan atau memang otak saya terlalu egois untuk menganggap itu salah, hehe.. saya kurang menyukai kepura-puraan. Pernikahan adalan sebuah cinta yang di sempurnakan, Pernikahan adalah cinta yang keluar ketika ia lama tertahan, Pernikahan dan cinta itu satu paket.

Lalu apa sih kewajiban seorang istri untuk suaminya,

1) Harus menghargai dan menerima pemberian suami.
Seorang istri wajib menerima pemberian dengan senang hati, meski pemberian itu kurang berkenan dihatinya. Rasulullah SAW bersabda, “Perempuan (istri) yang menyusahkan suaminya dalam urusan nafkah atau membebani suaminya padahal ia tidak mampu, Allah tidak akan menerima amalnya”.

2) Menjaga kehormatan diri dan harta suami.
Inilah istri yang saleh, ia juga tidak akan meninggalkan rumah tanpa izin suami. Sabda Rasulullah SAW, “Perempuan (istri) adalah pemimpin di rumah suaminya dan bakal ditanya tentang kepemimpinannya itu serta tentang harta suaminya.” (HR. Bukhari-Muslim).

3) Menyenangkan hati suami.
Untuk itu Rasulullah menganjurkan agar para istri berdandan dihadapan suaminya. “Sebaik-baiknya perempuan (istri) ialah yang menyenangkanmu jika engkau memandangnya.” (HR. Tabrani). Sangat mudah bagi istri untuk bisa merawat dan mempercantik diri. Selain bersalon, lebih utama lagi adalah dengan memanfaatkan air wudhu, insya Allah akan diberikan kecantikan alami plus cahaya Allah.

4) Melayani suami dengan baik.
Pekerjaan mengatur rumah dan segala isinya adalah tugas istri termasuk juga melayani suami selama istri mampu melakukannya. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang suami mengajak istrinya untuk memenuhi kebutuhannya, hendaknya si istri mendatanginya meski ia sedang berada di dapur.” (HR. Tirmidzi dan Nasa’i)

5) Taat dan patuh kepada suami.
Inilah kewajiban paling utama seorang istri. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baiknya istri ialah jika memandangnya kamu akan terhibur. Jika kamu menyuruhnya, ia akan menurut patuh. Jika kamu memintanya melakukan sesuatu, ia memenuhinya dengan baik, dan jika kamu bepergian, ia menjaga dirinya dan harta bendamu.” (HR. Nasa’i). Saat terjadi pertengkaran pun, istri harus tetap hormat kepada suami. Namun, perlu diingat, kewajiban akan gugur jika suami menyuruhnya untuk bermaksiat kepada Allah.

sumber

nah apa kasus sahabat saya ini termasuk sebuah pembangkangan kepada suaminya, saya sendiri masih belajar tentang ini, mohon yang mengetahui, saya butuh jawaban yang tepat, mari saling belajar menjadi seorang istri yang soleha dengan memahami dan menerapkan kewajiban menjadi seorang istri kepada suaminya.

22 comments:

  1. guling yang bisa disuruh,hahahaa

    ReplyDelete
  2. Saya memiliki istri yang suka menyusahkan saya. Mulai melek sampai tidur kerjaannya cuma menyusahkan saya. Saya benar-benar sedih karenanya. Saya sudah banyak berdoa agar dia sadar tapi hingga detik ini masih belum juga sadar. Semoga Allah memberikan kekuatan dan kesabaran kepada saya.

    ReplyDelete
  3. asslamualaikum..........

    kalau menurut saya teman mba itu terlalau cepat buat mengambil keputusa"marah,sedih atau pun menangis" terus suami nya di diemin.bukan nya teman mba itu sendiri tau kalau sms itu bawaan dari hp yang di belikan oleh bos nya seharus nya teman mba itu tanyakan dulu baik-baik pada suami nya dan dengarkan apa penjelasa dari nya.
    karna kalau seperti itu terus nanti malah rumah tangga nya jadi tidak harmonis banyak nangis dan bertengkar hanya karna masalah kecil bahkan itu bisa berkepanjangan yang akhir nya ber cerai.na'u zdubillah.
    jadi kita semua harus pandai/bisa menyikapi sesuatu yang belum tau pasti kebenaran nya............wasallamm.......

    ReplyDelete
  4. Hmmmz . Berat jga ya jdi seorang istri

    ReplyDelete
  5. Yang seperti inisangat perlu dituturkan walpun hanya lewat tulisan .krn akan sangat bermanfaat bagi kehidupan ummat

    ReplyDelete
  6. kpn yah istri sy bs hormat & patuh..........

    ReplyDelete
  7. AULYA TRIHARTIKAJune 6, 2012 at 5:44 AM

    INSYAALLAH, jika saya kelak jadi istri akan berlaku baik kepada suami.. dan menjalankan tugas seorang istri

    ReplyDelete
  8. Perlu adanya komunikasi antara suami dan istri . Tugas istri itu berdandan untuk melayani suami. Pekerjaan rumah bukan tugas istri melainkan tugas suami. Tapi apa ya tega melihat suami melakukan pekerjaan sendiri sementara istri duduk2 sambil minum kopi.. sebagai istri alangkah baiknya membantu pekerjaan suami yang begitu banyak itu, itung2 untuk amal soleh.

    ReplyDelete
  9. seberat itukah tugas istri, hrus melayani ini itu,tidakkah ini berat...saya mlihat ibu saya yg trus menuruti suruhan ayah sya mekipun ibu saya tlah lelah,ia tetap mnurut

    ReplyDelete
  10. Mba.. cara membuat templates blogger yg seperti ini bagaimana? Tlong di jwb.. Trims

    ReplyDelete
  11. Seorang suami akan bahagia dan bangga mendapat seorang istri yang sangat soleh dan dengan berpakaian Islami ( tertutup aorat ) .
    Tetapi kecewanya Suami melihat dan memerlakukan kepada Suaminya , sama menutup auratnya kepada Suami , , Lebih - lebih sewaktu di rumah . .
    Sedang suami memerlukan kebutuhan yang harus di layani , seolah - olah hanya jadi pajangan / hiasan dan tidak bisa " di cicipi "
    Perasaan seorang suami , begitu " sesak " dan " Galau " mendapat perlakuan demikian. , padahal perkawinan sudah hampir ke 50 tahunan , MENDAPATKAN KETURUNAN 2 ANAK
    Begitu egoisnya istri ????
    apakah takut dan sudah tidak memerlukan hubungan batin lagi dengan suami .
    Apakah suami di bolehkan berbuat serong .

    ReplyDelete
  12. aku punya istri yang mana dia itu semaunya sendiri...egois...g pernah mengerti suami...maunya menang sendiri...tapi kadang dia juga menyenangkan...tahulah...kadang berpikir perpisahan tapi aku kasihan sm anakku...semoga dia segera sadar...aku sudah berulangkali mengingatkan tp sptnya dia mash sama aja...

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum Wr/Wb
    klo istri sy paling cepat marah hanya masalah sepele trus kurang menghormati dan menghargai saya,kita berdua sama-sama kerja dan selalu merasa benar sy cuma takut apa gara-gara die bekerja dan berpenghasilan jd lupa kodrat dan kewajibanya dan sy hanya diam dan berdoa karna klo sy menasehati atau memberitahunya itu malah memperkeruh ke adaan. mohon saran dr teman-teman

    ReplyDelete
  14. saya seorang laki-laki yang baru 3 minggu menjadi ayah, istri saya di lahir di rumah mertua karena keinginan istri saya lahir disana, sekarang ini timbul masalah karena istri saya mau lebih lama berbulan -bulan tinggal di rumah mertua, saya menolak klo istri dan anak saya lebih lama tinggal di rumah mertua, alasan rumah kosong, tetangga pengen liat dede bayi, dan sodara jauh pun pengen lihat klo dede bayi ada di rumah . timbul masalah karena mertua dan bibinya tidak mengijinkan istri dan anak saya pulang, istri saya pun jadi berubah sikap. bagaimana cara solusinya mohon bantuan dan jawaban terima kasih

    ReplyDelete
  15. Ngg ko mas, jd istrri itu indah sekali..
    Mendapat pahala setiap harinya walau hanya memberi minum dengan penuh keikhlasan.

    ReplyDelete
  16. MAHMUD YANG TERANIAYAMarch 9, 2013 at 1:48 AM

    Assalammualaikum WR WB

    Saya pikir yang say alami ini cuma saya saja yang merasakannya
    ternyata banyak juga ya
    istri saya orangnya keras kepala
    susah diatur
    mau menang sendiri
    kasar terhadap saya(bukan saya takut dengan dia tapi saya masih menghargainya)
    kapan istri saya jadi ISTRI YANG SHOLEHAH YANG BERBAKTI KEPADA SUAMI,,IMPIAN BANYAK SUAMI
    SEMOGA ALLAH SENANTIASA MEMBERIKAN KESABARAN KEPADA SAYA,DAN MENGETUK PINTU HATI ISTRI SYA AGAR DI MENGERTI APA ARTI SEORANG ISTRI ITU

    ReplyDelete
  17. saya punya istri guru kerjaanya cuman sebuk di luar saja masak tidak mau semua yg buat suami tdk mau. tp malah selingkuh sama pria lain. apa yg hrs aku lakukan?????????????

    ReplyDelete
  18. hanni amelia fahmiApril 23, 2013 at 5:25 AM

    lebih memperbaiki diri lagi insya allah..
    untuk para suami ajarkan lah para isteri tentang agama..insya allah itu akan menuntun para isteri untuk lebih memahami kodrat dan tanggung jawabnya sebagai isteri...

    ReplyDelete
  19. Laki2 adalah pimpinan dirumah istilahnya rumah itu adalh negara yg disitu ada presiden dan rakyatnya,,jadi seorang laki2 harus tegas dalam mengambil keputusan dengan mempertimbangkanya dengan baik sedangkan wanita sbgai rakyat dirumah harus tunduk dan patuh pada perintah laki2 tentunya perintah untuk berbuat kebaikan akan tetapi perempuan juga harus berani mengoreksi seorang laki2 jikalau dia slah melangkah atau berbuat jadi saling mengisi......ooooh indahnya rumah tangga seperti yg sya tulis yg faktanya hidup seperti itu hanyalah mimpi alias bunga tidur karena didunia ini jarang ada yg sperti itu,sya sebagai seorang laki merasa sedikit dihormati istri malah mungkin tak pernah bahkan setiap pemikiran saya dibantah oleh pasangan sya,padahal pemikiran ini untuk memikirkan masa depan keluarga yg saya bangun tapi sya sadar di sebuah kluarga hanyalah mimpi jika kita sebagai laki dihormati/dihargai 100persen oleh wanita seperti di film

    ReplyDelete
  20. Istri saya gampang marah dg masalah yg sepeleh, maunya menang sendiri ga mau menerima apa yang aku sarankan atau gagasan dariku dan ga malu dimanapun kalau kesenggol omongan dikit jadi disitulah, sering membuat masalah dengan cara menyindir apa yang seharusnya diucapkan dg kata lain memancing atau memulai buka masalah yg sudah2,ga ada berhentinya aq berdoa agar dia sadar dengan apa yg dering diperbuat, aq ga tahu memang bawaan atau merupakan suatu penyakit, apa karena dia juga bekerja dan mempunyai penghasilan yg membuat dia berbuat semena-mena seperti itu.

    ReplyDelete
  21. Istri saya susah sekali diajak untuk berjamaah di masjid padahal dekat sekali dengan rumah. Apakah itu termasuk perbuatan tidak patuh terhadap suami?

    ReplyDelete