Sunday, March 4, 2012

Belajar Sabar dan Bijaksana

Assalamualaikum..

Rasanya lama sekali saya tidak menyentuh blog belajar ini, apa karena saya sudah tidak pernah belajar? O'oo bukan itu.. saya akhir akhir ini melakukan hal-hal yang tidak pernah terduga, lebih tepatnya.. saya meraskan sebuah kebahagiaan karena kehidupan saya berubah total. Saya mencoba berani dengan keputusan yang saya buat sendiri.

Awal Maret ini saya benar-benar merasa seperti hidup, saya berada di sebuah tempat yang membuat saya senang karena di kelilingi oleh orang-orang yang hebat, keluarga.

Namun, saya akan menulis tentang sebuah kesabaran, lebih tepatnya saya ingin menulis tentang Belajar sabar. Seperti yang kita tahu, menjadi seeorang yang sabar itu tidak mudah. apalagi untuk seorang yang mudah tersulut emosi dan mudah tersinggung. sabar bukan berarti diam dan menunggu, namun lebih bisa saya artikan dengan sikap yang rela mengalah untuk kebenaran. Mengalah bukan berarti kalah.

Dalam kondisi ini, saya di tempatkan pada posisi seorang pemimpin. Saya merasa bertanggung jawab dengan apa dan siapa yang saya pimpin. Contoh kasus (kejadian yang saya alami dan lakukan) Beberapa hari teakhir yang mengajar anak-anak belajar membaca Al-Qur'an, didesa saya, gak banyak orang tua yang menyadari betapa pentingnya belajar membaca al-Qur'an dengan benar, jadi katakanlah murid yang saya ajari ini hanya 4 orang anak saja, ya.. hanya 4 orang.

Namun 4 anak ini bbenar-benar membuat saya gigit gigi beneran. Saat yang lain ngaji, anak yang lainnya ributnya Masyaallah.. bingung saya mau menghadapinya seperti apa. Saya mencoba untuk mengerti karena mereka hanya anak-anak yang memang pada dasarnya senang bermain. sampai sekarang saya belum memenmukan solusinya :(.

Jangan sampai saya melakukan kesalahan sebagai seorang pendidik amatiran yang mengeluarkan kata-kata tidak baik, juga marah-marah tidak jelas di depan mereka, sama saja saya memberikan mereka contoh sikap pemarah dan tidak bijaksana.

Belajar sabar adalah, bagaimana kita bisa bertahan dengan keadaan sembari membenarkan sedikit demi sedikit tentang sebuah kesalahan. Mungkin dalam berbagai kasus.. sikap sabar dan bijaksana itu sendiri akan berbeda maksud dan pengertiannya.

Sabar itu tidaklah mudah, namun sabar bisa di pelajari dan di lakukan, Insyaallah :)

3 comments:

  1. Sikap lain yang diperlukan dalam menyikapi kegagalan adalan sikap sabar. Berbicara tentang sabar memang mudah apalagi sekedar menyuruh orang lain untuk sabar. Meski dalam prakteknya terkadang masih terasa sulit untuk diterapkan terutama ketika menghadapi kesulitan termasuk kegagalan. Namun bukan berarti tidak bisa diterapkan sama sekali, jika sikap sabar ini dilatih secara bertahap bukan tidak mungkin akan menjadi karakter dalam diri seseorang. Kuncinya adalah berlatih sabar, termasuk dalam menghadapi kegagalan dalam hidup.

    ReplyDelete
  2. Ingin selalu mendapat pencerahan hidup

    ReplyDelete
  3. Memang belajar sabar itu g mudah,cobaan silih berganti,percuma kita mengeluh,Lebih baik kita fikir kedepanx gimana biar sabar berpihak pd kita,,,

    ReplyDelete