Wednesday, May 2, 2012

Cobaan Hidup Dari Allah

Cobaan Hidup, Hal yang paling kita inginkan. Kenapa saya sebut begitu, karena beberapa waktu lalu, saya yang menjadi orang baru di lingkungan baru yang menurut saya lingkungan yang baik dan memang membuat saya harus bertahan adalah disini, Bali. Pertama, Bersyukur saya mampu merubah niat saya yang awalnya memang hanya untuk sesuatu yang mungkin Allah tidak suka, menjadi sebuah niat untuk membenahi diri menjadi lebih baik. Itulah, mungkin alasan sebenarnya saya harus berada di sini, Bali.

Cobaan Hidup, saya sudah mengalaminya. cobaan  ini sedang saya jalani, dan ujian ini memang ada dalam sesuatu hal yang paling kita inginkan dan kehendaki. Dasarnya manusia memang tidak pernah lepas dari sebuah keinginan dan keserakahan, Apakah anda tidak merasa begitu? Saya tidak yakin jika anda menjawab iya.

Cobaan tentang menginginkan seseorang yang begitu baik untuk saya. Kemana dia pergi saya selalu ingin berada dekat dengan dia. Tempat, situasi, sebuah kondisi atau apapun itu, saya selalu berfikir, saya harus bisa dekat dengan manusia ini, Inilah sebuah keserakahan yang tak pernah saya sadari. Keserakahan yang menghancurkan. Tidak peduli akan yang lain, ini harus saya dapatkan. Dan inilah sebuah kebenaran yang memang harus saya akui.

Disanalah cobaan yang saya alami, orang ini adalah ujian saya, namun saya belum juga menyadarinya. Sungguh ini adalah sesuatu yang benar-benar menjadi sebuah pemikiran dan renungan untuk hidup saya. Saya merencanakan untuk bisa bertemu dengan orang tersebut, namun Allah semakin menjauhkan saya dengan dia.

Kesimpulannya, Kapan kita menyadari kalau kita membutuhkan dan menyayangi sesuatu itulah sebuah ujian dari Allah. Allah akan menguji kita di tempat-tempat yang benar-benar membuat kita lemah. Seberapa kuat kita bertahan, seberapa kuat kita mampu bersabar dan seberapa kuat kita harus menjalani hidup. Allah akan terus mencoba dan akan mencoba kita dengan satu hal itu.

Bisa terjadi pada Anak, Suami, pekerjaan, materi, uang dan semua yang selalu kita sayang dan paling kita inginkan. Sekarang, Bagaimana kita harus menjalani kehidupan tanpa sesuatu yang amat kita sayangi dan kita inginkan? Kita tak akan mampu menjalankan itu semua sebagai manusia yang penuh dengan ambisi dan keegoisan. Tapi Allah, Allah tahu apa yang seharusnya menjadi milik kita ataupun yang tak pantas kita miliki.

Kenapa kita tidak mencoba menyayangi sesutau dengan sewajarnya, tak berlebihan dan tidak terlalu. Cinta itu jika berlebihan akan menjadi cinta yang Mubadzir, cinta yang tak berguna. Cintailah segala hal itu hanya karena Allah, mencintai untuk mendapat hikmah, kenikmatan dan besarnya rasa syukur. Kita tidak bisa melakukannya, namun paling tidak kita belajar untuk bisa melakukannya. Ujian itu ada dalam hal yang paling kita sayangi dan yang selalu kita inginkan, Itu benar :).

***

Ide tulisan ini saya dapat ketika mengikuti tarbiyah dengan  materi, cintailah segala hal itu dengan sekedarnya, jangan berlebih. Nikmatilah cinta itu karena Allah, hanya untuk Allah karena cinta juga termasuk salah satu Cobaan.

3 comments:

  1. intinya jangan berlebihan, yg sedang-sedang saja, betul :)

    ReplyDelete
  2. emang gitu jeng
    cobaan te akan jadi teman setia hidup kita
    kemanapun cobaan itu selalu ikut
    baik sedang sendirian atau rame-rame
    sampai maut menjemput kita....

    ReplyDelete
  3. kembali ke lab topp ..hehhehehe

    ReplyDelete