Tuesday, July 3, 2012

I Love You Al-Qur'an

[caption id="attachment_1301" align="aligncenter" width="300" caption="Saya Mencintai Al-Qur'an"][/caption]

I Love You Al-Qur'an, pernahkah kita mengucapkannya dalam kehidupan kita. Anggap saja sekali seumur hidup atau parahnya kita sama sekali tidak pernah mengucapkan i love you kepada Al-qur'an?. Astagffirullah.. kita sedang di uji, keimanan kita, ketakwaan kita kepada Allah, dan dengan kelalaian itu Allah menguji kita dengan cara yang Allah buat.


Kita bisa dan mampu mengucap, puluhan bahkan ratusan kali kata I Love you sama pacar, sama seseorang, sama merek tas tertentu, merek sepatu tertentu atau sama hal-hal dunia lainnya yang sudah jelas-jelas tidak bisa di banggakan sama sekali.

Iya apa benar? Iya atau Iya? Hari ini berapa kali kamu mengirim sms kepada pacarmu, menanyakan kabarnya, dan bercanda dengannya? Hari ini berapa lembar Novel yang sudah kamu baca? Berapa banyak koran yang habis kamu embat dengan matamu? Berapa banyak status yang kamu buat dalam Wall FB-mu? Saya yakin, kegiatan-kegiatan itu jauh lebih banyak kamu lakuin dalam harimu. Dan berapa Ayat yang sudah kamu baca dari Al-Qur'anmu? Berapa surat, berapa juz?

Kita sedang di butakan oleh urusan-urusan seperti ini. Kita sampai hafal dengan salah satu novel, lalu membangga-banggakan isi dari novel tersebut, lalu kapan kita terakhir kali membanggakan Isi Al-Qur'an? Kapan kita melakukannya?

Saya secara pribadi masih terus menyesal, kenapa saya dahulu satu tahun tidak mampu menghatamkan Al-Qur'an, saya tidak menghatamkan Al-Qur'an dalam satu tahun, tiga bulan apalagi. Kemana saya, kemana rasa terimakasih saya dan kemana jiwa baik saya pergi?

Tidakkah saya dulu merasa jika saya hanya menumpang di Bumi Allah, Tidakkah saya merasa bahwa saya hanya sementara di Bumi Allah, bagaimana jika kesempatan saya habis sebelum saya menghatamkan sekalipun Al-Qur'an, Kitab yang seharusnya saya agungkan dan saya pahami, pedoman kehidupan saya.

Ya Allah.. terimakasih, Alhamdulillah syukurku kepada-Mu, Engkau masih memberi kesempatan, umur yang panjang, nafas yang masih geratis berlalu lalang di tenggorokan dan paru-paruku hingga saat ini dan semakin mendekatkanku dengan Al-Qur'an.

Saya mencintai Al-Qur'an, itu yang saya rasakan akhir-akhir ini teman, saya memberikan waktu jauh lebih banyak untuk Al-Qur'an, saya belajar mengucapkannya dengan baik, Makhorijul dengan tepat, Tajwid yang masih selalu terus saya perbaiki.

Saya masih di berikan kesempatan untuk itu semua teman, Apa lagi yang engkau tunggu untuk saat ini, kenapa harus menunggu lebih dari satu tahun untuk khatam al-Qur'an padahal sebenarnya dalam tiga bulanpun kita sudah bisa menghatamkannya. Jangankan tiga bulan, dalam satu bulanpun sebenarnya kita mampu untuk menghatamkannya? Masih menunggu apa lagi?

Ketika saya merasa jenuh, hati saya kosong dan fikiran saya sangat kacau, saya dulu lari kepada teman yang justru memberikan jawaban atas masalah saya dengan rasa jengkel, di cerca, di hakimi, disalahkan. Ssaya tidak ingin seperti itu, saya hanya ingin di pahami, saya butuh dukungan dan saya tidak ingin di salahkan. Saya manusia yang punya Ego dan saya manusia yang ingin terus menjadi diri yang tak ingin disalahkan, tapi manusia yang mana yang bisa seperti itu? manusia mana yang bisa memperlakukan manusia yang lain seperti itu. Saya tidak menemukan sebuah ketenangan, saya tidak menemukan sebuah perasaan lega.

Namun, berbeda saat ketika saya 'curhat' kepada Allah lewat Al-Qur'an-Nya, saya menumpahkan air mata saya dalam sujud saya, saya berada dalam kedudukan terdekat dengan Allah ketika usai membaca Al-Qur'an, perasaan lega itu mengalir teman, perasaan itu hadir dengan sendirinya, saya tidak di salahkan, saya tidak di hakimi, saya tidak di cerca dan saya merasakan ketenangan dalam hati saya, kejenuhan saya mereda dan luntur begitu saja bersama dengan air mata.

Curhatlah kepada Allah, Karena Allah akan memberikan ketenangan kepada kita, Allah akan memberikan jalan terbaik. Semuanya ada dalam Al-qur'an, Kitab Allah yang akan selalu di jaga sampai akhir zaman. Luangkan waktu untuk membaca Al-Qur'an, belajarlah membaca Al-qur'an, jika belum juga mampu, berusahalah untuk mengenal huruf-huruf Arab, tajwid, Makhorijul agar kita semua mampu membaca dengan baik lalu kemudian memahaminya.

Allah selalu memberi balasan atas perbuatan baik yang kita lakukan, Allah tak pernah ingkar janji, Allah tak pernah mengingkari semua Firman-Firman-Nya. Mengharaplah banyak kepada Allah. Dan katakanlah kalau kita begitu mencintai Al-Qur'an. Satu jam sehari minimal bersama Al-Qur'an dan Satu ayat setiap hari minimal menghafal Al-Qur'an, itu target saya, dan menghatamkan Al-qur'an setiap satu bulan sekali, juga menjadi target terbesar saya yang harus menjadi kenyataan, Pokoknya I love You Al-Qur'an, I Love You Full!!

2 comments:

  1. Subhanallah, bagus sekali artikel ini
    Mari kita banggakan al quran

    Salam kenal ya
    Refnal:-)

    ReplyDelete
  2. assalamua'laikum,subhannallah,maha suci Allah,antum bnr,ternyata waktu ana hbis terbuang sia2 hanya krna membahagiakan diri ana pribadi,ternyata ana egois,masyallah,mudah2 Allah swt memberi antum ke mudahan untuk menghafal Al qur'an

    ReplyDelete