Thursday, June 13, 2013

Ukhuwah Adalah Cinta

Ukhuwah.. Tahun lalu saya baru memahami makna Ukhuwah yang sebenarnya, setelah sebelumnya saya hanya mendalami apa yang saya inginkan, apa yang menurut saya baik dan apa yang membuat saya nyaman, hanya itu. Tahun lalu pula saya bertemu dengan komunitas yang tak pernah saya bahas sebelumnya selama ini -karena saya masih sibuk mengurus hati sendiri-. Komunitas yang mereka namai Tarbiyah -Ketinggalan jaman Inuelnya-.

Tepatnya.. Pada hari Ahad dan memang hanya setiap hari ahad kami berkumpul untuk mengupgrade Iman. Waktu itu kalender sedang duduk manis di antara kursi 4 November 2012, duduk di antara teman yang InsyaAllah Sholeha, berada di tengah orang-orang yang berilmu dan Murobbi yang membimbing kami.

Sejak saat itu, saya mengetahui bahwa.. Ukhuwah itu bukan sekedar kenal, sekedar tahu, sekedar bareng atau sekedar ngobrolin hal-hal sepele. Ukhuwah itu adalah Cinta, Ukhuwah adalah Persaudaraan, Ukhuwah juga tentang bagaimana kita bersosialisasi dan berkumpul karena Allah.

Begitu banyak makna Ukhuwah yang sebenarnya, tapi biarlah saya mendeskripsikanya dalam bentuk yang sederhana, bentuk yang saya rasakan dan dari bentuk bagaimana saya merasai Cinta itu sendiri. Ukhuwah adalah cinta, Cinta yang digerakkan oleh naluri yang hanya untuk dan dari Allah semata.

Dalam Ukhuwah.. ada beberapa tahapan yang waktu itu Ummi Reni -Murobbi saya- Sampaikan yang membuat hati saya berdetak semakin tak menentu. Bukankah ukuran hati dan jantung yang berdetak sangat tidak terkontrol adalah tanda Cinta ? ya.. ini adalah Cinta.

Yang pertama adalah ta'aruf atau perkenalan. Ta'aruf ini jangan langsung di tujukan kepada 2 insan yang akan merajut sebuah rumah tangga ya.. Bukan hanya itu, Ta'aruf disini meliputi bagaimana kita saling mengenal karakter satu dengan yang lainnya. Memahami sifat setiap teman Tarbiyah baik dari fisiknya, pendidikannya, hobinya, tempat tinggalnya serta sudah sampai masuk ke dalam pemikirannya seperti apa Visi dan Misi hidupnya.

Seperti yang sudah tertulis dalam Kitab Suci Al-Qur'an pada surat Al-Hujurat ayat 13 yang artinya :
Wahai Manusia! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sunggguh yang paling mulia diantara kamun disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah maha mengetahui, Mahateliti.

Dengan Ukhuwahlah saya bisa merasakan Cinta yang begitu Indah hingga saat ini.

Kemudian tahapan Ukhuwah yang kedua ialah Tafahum atau saling memahami. Jika diantara orang satu dengan orang lain sudah saling mengenal maka sifat selanjutnya yang akan hadir adalah saling memahami. Dengan adanya sikap saling memahami di dalam sebuah Ukhuwah, kita akan saling mendo'akan satu sama lain, penyatuan-penyatuan hati dan fikiranpun akan mudah yang sudah pasti akan menjadikan satu dalam sebuah amal, sama sama melakukan amal kebaikan.

Selanjutnya, setalah kita telah bertaaruf dan bertafahum maka kita akan bertemu dengan Ta'awun yang bisa disebut juga dengan saling tolong menolong dengan hati. Seperti yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur'an pada surat Al-maidah ayat 2 yang artinya
... Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat berat siksa-Nya.

Kemudian ada yang disebut dengan Takaful ( senasib sepenanggungan ) Ialah tahapan Ukhuwah yang paling tinggi, jika seseorang sudah mencapai tingkatan ini, ia akan dengan mudah dan ikhlas untuk lebih mengutamakan saudaranya dari pada dirinya sendiri.

Begitu indah sebuah Ukhuwah terjalin, seperti berada dalam satu bingkai dan menyemat tujuan yang sama. Saling memahami dan berbuat kebajikan, saling membangun taqwa kepada Allah. Ukhuwah adalah cinta, dan cinta akan sulit untuk dilupakan atau ditinggalkan. Bertemu karena Allah.. Sungguh sangat indah bagaimanapun bentuknya. Sewajarnya.. kita memang diciptakan dari banyak karakter bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, itulah tujuan Allah.. Agar kita lebih pandai menjaga sebuah Ukhuwah, Subhanallah.. :)

3 comments:

  1. Sudah lama nggak silaturakhim Alhamdulillah saya mendapat berita positif dg membaca materi ini. Materi itu sdh cukup lama saya terima. Maju terus ya tarbiyahny

    ReplyDelete
  2. hoyyy nul.. piye kabare??? sekarang udah ngeblog lagi nih sayee... heheheh.. kayaknya makin maju nih sekarang.. alhamdulillah ya.. :D

    ReplyDelete