Friday, January 17, 2014

Sulitnya Menghindari "Jabat Tangan"

image from paralinguistichcm.blogspot.com


Sebagai manusia yang tidak hidup sendiri, kita dan bahkan saya sendiri selalu di hadapkan dengan orang-orang baru, situasi berbeda dan lingkungan yang tak sama. Tidak semua mahluk Allah mengetahui dengan benar ajaran yang seharusnya di laksanakan, belum tahu bagaimana seharusnya ketika bertemu dengan sesamanya. Dan lingkungan pun juga tidak semuanya memiliki pengertian tinggi tentang ajaran-ajaran Allah. Bahkan untuk beberapa orang menganggap Berjilbab itu tak penting dan berjabat tangan itu adalah hal yang sangat-sangat biasa untuk mereka.

Jika ada yang tidak sepaham dengannya, atau tidak sependapat bahwa "Berjabat Tangan" itu perlu aturan dan ada aturannya. Mereka akan tersinggung dan menganggap kita -yang menolak- sok suci lah, sombong-lah dan banyak lagi. Lalu bagaimana menghindari acara Jabat tangan kepada orang yang notabene bukan muhrim kita?

Monday, January 13, 2014

Sabar dan Syukur, Kunci Sebuah Kebahagiaan

Dunia maya adalah dunia yang gak bisa ditinggalkan oleh anak-anak muda di jaman semodern sekarang. Ada banyak cerita yang mereka buat disana, sedih, senang, dan kadang melampuai batas. Beberapa kali duduk bareng dengan suami, dan entah apa yang diomongkan hingga saya sadar satu hal. Suami saya bukan orang yang dulu saya kenal. Dia yang tak pernah berkata alim, gak pernah berkata yang menyinggung tentang agama, Tuhan, dan orang yang gak pernah membicarakan apapun itu menyangkut islam di dunia maya.

Tetapi saya lebih menyimpan kekaguman kepada orang yang selalu membuat status di FB-nya dengan nada-nada alim. Yang dia suka menulis kata-kata yang menyangkut tentang agama dan memperhatikan agama. Itu karena kecintaan saya terhadap orang-orang yang memperhatikan agamanya, kecintaan saya terhadap mereka yang selalu menjaga sholat dan memperbaiki dirinya, hari demi hari.