Thursday, December 10, 2015

5 Jenis Penyakit Musim Hujan yang Wajib Diwaspadai

Turunnya hujan menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat, apalagi yang mendapatkan uang dari hasil bertani atau berkebun. Setelah lama didera oleh musim kemarau, maka sekarang ini adalah saat yang tepat untuk mulai mengais rezeki kembali. Hanya saja bagi sebagian orang musim ini tak terlalu menguntungkan karena berbagai penyakit mulai dengan mudah menjangkiti. Ada beragam jenis penyakit musim hujan yang memang siap menyerang siapa saja, namun sebenarnya tergantung pada diri sendiri yang mampu mencegahnya atau tidak.

Jenis penyakit saat musim hujan terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah:
  1. Diare, curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan beberapa daerah yang ada di Indonesia tergenang air, apalagi kota-kota besar, hal ini menjadi penyebab banjir yang tak kunjung surut. Satu hal yang pastinya akan dibawa oleh bencana tersebut adalah bibit penyakit, yaitu diare, karena kekurangan air bersih mereka terpaksa gunakan air tak layak pakai inilah yang membuat penularan penyakit ini juga semakin cepat.
  2. Leptospirosis, penyakit ini tak jauh berbeda dengan diare, yaitu dibawa oleh air banjir, karena memang tak hanya manusia saja yang mengeluarkan urin atau respirasi, melainkan juga hewan-hewan hidup lainnya seperti tikus, maka potensi air seni terbawa dan bercampur dengan air banjir semakin besar, mereka yang terjangkit bakterinya pasti akan jatuh sakit dengan indikasi leptospirosis.
  3. Penyakit kulit, jenisnya sendiri ada banyak, namun umumnya adalah gatal-gatal, penyakit ini sudah pasti akan menjangkiti mereka para korban banjir karena secara langsung bersentuhan dengan air yang bercampur sampah, tentu ada bakteri yang masuk ke dalamnya.
  4. DBD atau demam berdarah, penyakit ini juga tergolong musiman dan hanya terjadi saat musim hujan, penyebabnya adalah beberapa barang yang dapat menampung air hujan bersih pasti akan dijadikan sebagai tempat berkembang biang nyamuk Aides Aigepty.
  5. Flu dan demam, penurunan daya tahan tubuh di musim ini mudah sekali terjadi pada anak, akibatnya masalah flu dan demam tak bisa dihindari.

Anda perlu waspada dengan jenis penyakit musim penghujan tersebut, apalagi yang memiliki anak kecil di rumah.

No comments:

Post a Comment