Friday, December 25, 2015

7 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Makan Jamur

Jamur banyak mengandung nutrisi. Jamur juga merupakan sumber serat dan vitamin D. Sejak zaman dahulu, tumbuhan yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai obat maupun untuk makanan rendah kalori.

Bisa memenuhi kebutuhan serat harian kita. Dan dikatakan juga bahwa jamur banyak mengandung mineral serta vitamin seperti vitamin B, zat besi, tembaga, kalium dan selenium. Selain itu, jamur juga memiliki kolin yang bisa mencerdaskan otak. Jadi, tidak diragukan lagi apabila jamur dengan berbagai kandungannya tersebut bisa membantu kita untuk menguatkan ingatan, mencerdaskan otak dan membantu otot menjadi lebih lentur.

Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Makan Jamur

Berbagai manfaat dan kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus mulai mempertimbangkan jamur sebagai salah satu makanan yang tidak boleh dilupakan. Makanlah jamur dalam jumlah yang tepat dan jangan berlebihan.


Kaya antioksidan

Jamur merupakan salah satu sumber antioksidan. Antioksidan tersebut bukan sembarang antioksidan, melainkan sebuah antioksidan yang sangat unik dan disebut ergothioneine. Antioksidan ini bisa bermanfaat untuk melawan penuaan, mengatasi peradangan dan membantu menurunkan berat badan.

Meningkatkan imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita harus dalam keadaan prima untuk menjaga kita dari berbagai penyakit dan serangan dari luar. Jamur merupakan salah satu makanan yang kaya antioksidan dan bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita tetap dalam keadaan yang terbaik. Sehingga berbagai penyakit seperti pilek, flu dan serangan berbagai virus tidak akan mudah menembus pertahanan tubuh.

Merupakan sumber vitamin D selain matahari

Kita mengenal matahari sebagai salah satu sumber vitamin D yang paling kaya. Namun ternyata selain matahari, jamur juga bisa menjadi sumber vitamin D. Seperti yang kita tahu bahwa tidak banyak makanan maupun minuman yang bisa menjadi sumber vitamin D, dan secara khusus jamur bisa meningkatkan kesehatan tulang layaknya produk susu.

Jamur mengandung sekitar 20% vitamin D yang kita butuhkan setiap hari.

Menurunkan gula darah

Manfaat menarik lainnya dari jamur dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang normal.


Mengendalikan berat badan

Apabila anda ingin mengendalikan berat badan, terutama jika anda sudah memiliki berat badan yang ideal, maka mengkonsumsi jamur bisa menjadi solusi tepat untuk hal ini. Jamur bisa dijadikan sebagai makanan pengendali berat badan karena rendah kolesterol dan bebas lemak.

Selain itu, manfaat jamur lainnya adalah, bisa menekan nafsu makan sehingga anda tidak akan keseringan lapar.

Baik untuk kulit dan rambut

Manfaat selanjutnya dari jamur berkaitan dengan dunia kecantikan. Jamur yang kita konsumsi setiap hari bisa menurunkan resiko jerawat di wajah, bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat, serta bermanfaat juga untuk rambut karena mengandung mineral seperti selenium. Mengkonsumsi jamur dalam jumlah cukup akan membuat anda bebas dari ketombe dan rambut rontok.

Menyehatkan jantung

Jamur bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada arteri dan mencegah penyakit jantung. Kandungan serat, kalium dan vitamin C yang ada pada jamur akan berkontribusi cukup besar pada kesehatan jantung.

Setelah anda membaca beberapa alasan mengapa kita harus mengkonsumsi jamur, mungkin saat ini pandangan anda sudah mulai banyak berubah mengenai sisi positif dari mengkonsumsi jamur untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment