Tuesday, December 22, 2015

7 Masalah Kesehatan yang Disembunyikan oleh Wajah

Apakah anda tahu bahwa wajah kita bisa mengatakan sesuatu, terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Mungkin selama ini anda banyak mendengar bahwa anggota tubuh kita, entah itu kaki atau tangan bisa memberitahukan kesehatan. Tidak hanya itu, lidah juga bisa memberitahukan kita kondisi apa yang sedang kita alami. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa wajah ternyata juga bisa memberitahukan kita banyak hal.

Jika anda cenderung berkeringat di wajah, hal tersebut bisa menandakan bahwa anda kekurangan hormon. Apabila warna bibir dan mata anda berubah, maka beberapa masalah kesehatan seperti anemia maupun tekanan darah rendah bisa jadi adalah penyebabnya.

Demikian pula dengan masalah kesehatan yang lainnya. Kita bisa melihatnya dari wajah kita. Pada saat kita terlihat kusam dan memiliki kulit yang bersisik atau kering atau mata bengkak, pastikan anda segera mengunjungi dokter karena hal tersebut bisa jadi adalah tanda-tanda bahwa masalah kesehatan anda sedang sangat terganggu.

Masalah kesehatan yang tersembunyi di wajah

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang mungkin saja anda hadapi, dan bisa diketahui melalui wajah anda.


1. Rambut di wajah

Terkadang, beberapa wanita mengalami tumbuhnya rambut di wajah yang sedikit memalukan terutama di bagian bibir atas atau di beberapa bagian wajah yang lainnya. Tumbuhnya rambut tersebut dikarenakan adanya sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ini adalah salah satu kondisi dimana banyak wanita yang berusia muda biasanya sangat menderita. Sindrom tersebut menyebabkan wanita kesulitan. Beberapa masalah yang biasanya dihadapi adalah: kesulitan dalam konsepsi, infertilitas, bahkan dapat menyebabkan periode menstruasi yang tidak teratur.


2. Keriput yang sangat jelas

Keriput biasanya menandakan bahwa usia kita sudah tua. Namun apabila keriput yang sangat jelas mulai muncul pada saat anda muda, guratan pada kulit tersebut harus anda tanggapi. Keriput tersebut bisa jadi adalah salah satu tanda bahwa anda mengalami osteoporosis. Selain itu, keriput pada usia dini juga bisa menandakan anda kekurangan vitamin D.


3. Bibir pecah-pecah

Pada saat bibir kita retak-retak atau pecah-pecah, kekurangan air adalah salah satu penyebabnya. Selain itu, bibir pecah-pecah juga bisa berarti bahwa kita mengalami disfungsi tiroid atau alergi obat-obatan. Bibir pecah-pecah yang diikuti dengan mulut kering atau nyeri pada sendi bisa berarti anda memiliki masalah dengan kesehatan hati.


4. Wajah berkeringat

Keringat sebenarnya normal pada saat tubuh kita mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan. Akan tetapi apabila wajah anda berkeringat secara berlebihan, maka hal tersebut bisa menandakan bahwa anda kekurangan hormon terutama pada saat wanita memasuki usia menopause. Jika anda berkeringat secara berlebihan di area wajah, segeralah menghubungi dokter.


5. Kulit pucat

Kulit pucat menandakan bahwa tekanan darah anda sedang rendah. Apabila diikuti dengan tanda-tanda lain seperti pusing, dehidrasi, pandangan kabur, mual dan kelelahan serta depresi, maka hal itu sudah pasti adalah tekanan darah rendah.


6. Warna bibir berubah

Jika kelopak mata anda berubah warna, itu adalah salah satu tanda bahwa kesehatan anda terganggu. Perubahan warna pada bibir bisa berarti anemia.


7. Ruam pada hidung dan bawah mata

Apabila anda menemukan ruam di bawah mata atau di bagian hidung, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa anda miliki penyakit lupus. Ini merupakan kesehatan mental yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan sendi, kulit kemerah-merah, sakit jantung, paru-paru dan otak.

No comments:

Post a Comment