Friday, December 18, 2015

Cara Mengatasi Hidung Mampet dan Bersin Akibat Alergi

Alergi biasanya disebabkan karena tubuh kita memproduksi kimia yang menyebabkan histamin dilepaskan oleh sel. Pada umumnya, alergi dipicu oleh beberapa zat di dalam tubuh kita akibat reaksi adanya partikel asing yang membahayakan. Zat beerbahaya tersebut disebut alergen.

Beberapa orang biasanya sensitif terhadap berbagai jenis zat yang ada pada makanan, serbuk sari, obat-obatan, bulu hewan peliharaan, bulu burung, parfum bahkan ada juga yang alergi terhadap cuaca dingin.

Kegiatan berlebihan yang dilakukan oleh sel mast ketika alergen masuk ke dalam tubuh menyebabkan tubuh memproduksi histamin.

Histamin menyebabkan kita bersin-bersin, hidung tersumbat, dan bahkan menyebabkan reaksi alergi pada kulit seperti gatal-gatal atau biduran.

Gejala alergi tersebut bisa bermacam-macam dari satu orang dengan orang lain. Beberapa orang mungkin mengalami iritasi hidung, bersin-bersin, gatal, menyebabkan sakit kepala dan bahkan menyebabkan hidung mampet. Namun anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa pengobatan alami yang bisa kita gunakan untuk mengantisipasi dan mengatasi hidung mampet.

Beberapa obat herbal berikut ini efektif digunakan untuk mengatasi berbagai gejala alergi tanpa harus menggunakan obat-obatan dari resep dokter.


1. Madu murni

Mengkonsumsi madu yang dihasilkan oleh lebah bisa membantu kita mengurangi gejala alergi. Jika anda secara rutin mengkonsumsi madu setiap hari, maka sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat sehingga efek iritasi maupun alergi yang disebabkan oleh berbagai makanan yang mengandung alergen tidak separah jika anda tidak pernah mengkonsumsi madu.

Madu lokal secara bertahap bisa mengobati gejala alergi seperti mata gatal, bersin-bersin atau hidung mampet.

2. Bawang, jeruk dan cranberry

Makanan ini mengandung zat yang dikenal sebagai quentin. Obat alami ini sering kali ditemukan pada buah-buahan maupun sayur-sayuran termasuk juga biji-bijian. Quentin dapat membantu menstabilkan sel mast yang melapisi rongga hidung dan mencegah sekresi histamin, yang pada gilirannya akan mencegah histamin menyebabkan hidung bersin, mata berair atau gatal-gatal.

3. Uap minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk memperlancar pernafasan akibat hidung mampet.

Anda bisa merebus air kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih lalu hirup uapnya. Cara ini bisa membantu anda memperlancar pernapasan.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak esensial yang diekstrak dari daun pohon eucalyptus ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.


4. Teh peppermint dan daun menthol

Teh peppermint maupun daun mentol bisa berfungsi sebagai dekongestan yang akan memecah lendir dan membantu menghalau jalan buntu pada hidung dan tenggorokan. Sehingga, kita pun bisa bernafas dengan lebih lega. Peppermint mengandung sejenis flavonoid yang disebut luteolin yang dapat menghambat aktivitas sekresi enzim anti inflamasi seperti histamin.


5. Buah jeruk dan nanas

Jeruk makan nanas banyak mengandung vitamin C dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi alergi musiman. Selain itu, kedua buah ini juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Cara memanfaatkannya tidak terlalu sulit, anda bisa memeras jeruk kemudian campurkan dengan jus nanas. Lalu diinginkan beberapa saat dan konsumsi setiap hari.


6. Teh hijau

Green tea mengandung senyawa termetilasi epigallocatechin gallate yang memiliki sifat antioksidan dan bisa menghambat sekresi alergi. Jika anda sering mengalami alergi pada musim dingin, anda bisa mengkonsumsi teh hijau secara rutin untuk mengantisipasinya.

Ini merupakan cara sederhana lainnya untuk mengatasi hidung mampet maupun bersin-bersin akibat alergi.

1 comment: