Wednesday, December 23, 2015

Ciri-Ciri Penyakit Diare Anak dan Cara Mengatasinya

Musim hujan ini perubahan cuaca yang ekstrim sering terjadi, perubahan cuaca yang ekstrim ini meningkatkan perkembangan kuman penyebab penyakit. Penyakit yang sering menyerang anak pada musim hujan adalah DBD, flu dan demam, penyakit kulit hingga diare anak. Penyakit pada musim hujan lebih mudah menyerang anak karena daya tahan tubuh yang masih rentan pada virus.

Diare anak adalah keadaan buang-buang air secara berlebihan disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Penyakit ini sering ditemui saat musim hujan selain DBD. Pada musim hujan saat curah hujan meningkat maka kemungkinan banjir akan lebih tinggi. Pada saat banjir ini sumber-sumber air minum, khususnya pada sumur-sumur dangkal akan tercemar. Selain itu saat banjir akan ada pengungsian di mana fasilitas dan sarana kebersihan yang tersedia terbatas hal ini yang menjadi potensi menimbulkan penyakit diare lebih sering terjadi dan penularannya cepat. Penyakit diare tidak hanya terjadi di pengungsian banjir tetapi pada anak-anak di rumah ataupun disekolah karena virus dan bakteri yang berkembang pada tempat lembap dan kotor yang juga dapat ditemukan pada makanan yang sehari-hari dikonsumsi anak seperti jajanan sekolah.

Ciri-ciri diare anak yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah penurunan berat badan. Diare mengakibatkan berkurangnya cairan tubuh secara drastis. Dehidrasi ditunjukan dengan lidah kering, ubun-ubun cekung, berkurangnya air seni, lemah otot dan sebagainya. Bila anak anda mengalami gejala tersebut kemungkinan anak anda mengalami dehidrasi berat dan kemungkinan diare. Hal yang harus dilakukan adalah:

1. Berikan cairan oralit, larutan air tajin, makanan yang tidak terlalu manis dan memiliki banyak serat.

2. Jangan berikan anak anda obat anti diare yang akan menghambat kuman yang keluar dari tubuh.

3. Segera bawa anak anda ke rumah sakit bila diare anak berlangsung selama lebih dari 2 hari dan demam lebih dari 39 derajat celsius.

4. Jaga kebersihan badan dan lingkungan, salah satunya dengan mandi menggunakan Lifebuoy untuk membunuh kuman pada tubuh penyebab diare.   

No comments:

Post a Comment