Wednesday, December 23, 2015

Manfaat Dari Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa?

Apakah olahraga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa? Ya, untuk memastikan apa saja yang bisa diberikan dari manfaat dari olahraga? Berikut ini informasinya.

Olahraga merupakan suatu kegiatan menggerakkan tubuh yang bertujuan melatih tubuh seseorang. Bukan hanya melatih secara jasmani, namun juga rohani. Ada begitu banyak manfaat olahraga bagi kesehatan. Karena sangat pentingnya olahraga, kegiatan ini menjadi satu gaya hidup yang wajib dijalankan semua orang agar tubuh tetap sehat. Bagi orang yang tidak gemar melakukan olahraga maka ia akan merasakan akibatnya.

Berikut ini aneka manfaat dari olahraga setelah kita melakukannya:

Pertama, olahraga membuat tubuh semakin bugar dan menambah energi.  Melakukan olahraga secara rutin dan teratur akan meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan energi. Jika anda meluangkan waktu untuk berolahraga meskipun hanya 30 menit dalam sehari akan meningkatkan kebugaran anda yang akan membuat anda tidak mudah merasa lelah ketika melakukan aktivitas. Bagi pelajar, anda akan mampu berkonsentrasi dalam menerima semua materi yang disampaikan.

Kedua, olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan rajin berolahraga secara rutin dan teratur akan meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga anda tidak mudah sakit. Kegiatan olahraga bisa memberikan serta meningkatkan jumlah oksigen yang hendak masuk ke dalam tubuh.

Meningkatnya jumlah oksigen yang masuk dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh karena oksigen berfungsi sebagai anti-oksidan. Radikal bebas yang masuk dapat merusak protein dalam tubuh sehingga dapat memicu kanker yang bermacam-macam dan sulit diobati. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan membakar lemak dalam tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi resiko diabetes dan osteoporosis. Berbagai penyakit umum seperti flu dan batuk juga dapat dicegah karena anda memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Ketiga, manfaat olahraga bagi tubuh adalah olahraga dapat meningkatkan suasana hati. Manfaat olahraga tidak hanya dirasakan bagi kesehatan jasmani. Namun bagi kesehatan jiwa, olahraga dapat meningkatkan perasaan anda. jika anda rajin melakukan olahraga meskipun singkat, maka hari anda akan semakin terasa indah. Hal ini karena pada saat olahraga, senyama kimia bernama endorphin akan dilepaskan ke dalam darah yang mengakibatkan anda merasa lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

Itulah 3 yang bisa Saya berikan kepada Anda terutama diperuntukkan bagi masih malas berolahraga. Olahraga dapat memberikan manfaat penting. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment