Thursday, December 24, 2015

Mengapa Kita Sering Menderita Alergi? Padahal Nenek Moyang Kita Tidak

Mungkin banyak diantara anda yang mengetahui bahwa orang yang hidup pada zaman ini lebih banyak menderita alergi makanan atau alergi yang lain dibandingkan dengan nenek moyang kita yang hidup pada zaman dahulu. Kondisi tersebut bukan tanpa alasan dan bukan tanpa sebab. Menurut para ahli kesehatan, rata-rata, ada enam orang yang terkena alergi makanan setiap jam di berbagai belahan dunia ini.

Bagi beberapa diantara kita, terkadang kita sudah mencoba menjaga makanan yang kita konsumsi agar tetap sehat, namun tetap saja ada beberapa hal yang membuat kita menderita alergi. Jadi, sebenarnya tidak hanya makanan yang bisa berpengaruh, tetapi lingkungan dan gaya hidup yang kita jalani juga ternyata berpengaruh.

Untuk terhindar dari alergi, anda dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat dengan banyak bergerak dan tetap memilih makanan-makanan yang sehat. Beberapa tips berikut ini akan membantu anda mengetahui apa saja yang menyebabkan kita lebih mudah terkena alergi.

1.Makanan olahan

Bagi mereka yang pernah mengkonsumsi makanan olahan seperti burger atau pizza, mereka cenderung lebih rawan untuk terkena alergi dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya.

2.Bahan pengawet

Saat ini, tidak sulit untuk menemukan berbagai makanan yang mengandung bahan pengawet. Pada zaman dahulu, rata-rata pengawet yang digunakan adalah pengawet alami. Namun pada saat ini, banyaknya kandungan pengawet makanan menyebabkan kita lebih mudah terkena alergi.

3.Makanan alami

Tidak disangsikan lagi apabila orang-orang jaman dahulu sudah pasti banyak mengkonsumsi makanan alami dibandingkan dengan makanan olahan. Tidak hanya itu, mereka juga banyak mengkonsumsi makanan-makanan dalam bentuk mentah. Tidak seperti jaman dulu, saat ini kita lebih banyak mengkonsumsi makanan dalam bentuk jadi atau sudah masak.

4.Pewarna dan zat aditif

Makanan zaman dahulu tentu saja banyak yang alami tidak seperti makanan sekarang yang sudah banyak mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna, dan zat aditif. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan dan bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas sehingga cenderung lebih mudah terkena alergi.

5.Makanan hewan

Apa yang dimakan oleh hewan pada zaman dahulu berbeda dengan apa yang kebanyakan dimakan oleh hewan pada saat ini. Pada saat ini, kita sering mendengar bahwa hewan-hewan yang dipelihara diberikan makanan tertentu yang terkadang mengandung bahan kimia untuk mempercepat pertumbuhannya atau untuk memperbanyak dagingnya. Tidak heran apabila kita mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari hewan tersebut kemudian menyebabkan kita lebih mudah sakit atau rentan terhadap penyakit.

6.Alat transportasi

Mengapa orang dahulu jarang terkena alergi dan lebih sehat? Karena mereka banyak berjalan. Tidak seperti saat ini di mana kita sudah mulai banyak dimanjakan dengan kendaraan seperti mobil maupun motor dan pesawat. Pada zaman dahulu mungkin yang paling mewah adalah kuda dan sepeda. Walaupun hanya sepeda, namun tetap saja memberikan kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan hanya duduk santai sambil menekan gas.

7.Video game dan komputer

Saat ini, gadget sudah menjadi sahabat kita. Karena gadget, kita lebih rajin bermain game, lebih rajin nongkrong di sosial media, dan terisolasi dari pergaulan.

Semua itu ternyata memberikan banyak dampak negatif pada kesehatan, berkebalikan dengan orang-orang jaman dahulu yang aktif bekerja diladang maupun di kebun.

No comments:

Post a Comment