Monday, December 7, 2015

Tips Perawatan Kulit, Wajah Dan Rambut

Merawat kecantikan sejak dulu mempunyai nilai yang sangat penting. Orang yang tidak mau merawat wajah dan kulitnya memiliki kesan tidak menyayangi dirinya sendiri. Kecantikan merupakan anugerah yang patut disyukuri dengan cara merawatnya.

Saat ini banyak pilihan tempat perawatan kulit dan wajah baik secara modern maupun tradisional, dengan harga  yang murah sampai yang mahal, tetapi banyak orang yang enggan mengunjugi tempat tersebut alasannya adalah karena tidak ada waktu dan keterbatasan dana. Perawatan kulit dan wajah dapat dilakuakn di rumah dengan cara yang mudah dan murah.

 Berikut ini adalah berbagai tips perawatan wajah dan kulit yang dapat dilaksanakan di rumah yaitu:


1. Masker pepaya dan labu untuk membersihkan wajah:


Mengangkat sel kulit mati dapat dilkaukan dengan menggunakan masker pepaya dan labu, caranya:

a. Ambil pepaya matang dan labu kuning secukupnya, blender halus dan aduk rata.

b. Campurkan putih telur yang sudah dikocok dan  1 sendok teh pada campuran pepaya dan labu, aduk rata

c. Oleskan adonan ini pada wajah dengan gerakan memutar dan memijit.

d. Diamkan masker pada wajah selama 15 menit

e. Bilas dengan menggunakan air hangat dan terakhir  bilas dengan air dingin

2. Manfaat teh basi


Teh yang sudah tidak terpakai dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan  dan menyuburkan  rambut. Caranya:

Teh yang sudah basi diletakkan di luar rumah semalam  agar terkena embun. Setiap pagi pakai teh basi yang sudah diembunkan untuk keramas. Pastikan air teh tidak mengandung gula agar rambut  anda tidak mengundang semut.

3. Gula pasir sebagai pengganti scrub mandi


Anda dapat menggunakan gula pasir sebagai scrub untuk mandi. Caranya, campur gula pasir dan baby oil dengan perbandingan secukupnya. Gosokkan campuran ke seluruh tubuh atau ke bagian yang dirasa kasar. Lalu mandi seperti biasa.

4. Garam dapur sebagi scrub wajah


Selain gula, garam dapat juga dapat digunakan sebagi scrub wajah. Caranya ambil garam dapur secukupnya dan campur dengan minyak zaitun. Gosokkan campuran pada wajah dengan gerakan memutar. Biarkan selama kurang kebih 15 menit, bersihkan wajah dengan menggunakan waslap bersih yang  sudah dicelupkan ke air hangat, terakhir bilas wajah dengan air dingin.

5. Masker kuning telur


Masker kuning telur jika dipakai secara teratur akan mengurangi kerutan halus pada wajah. Caranya:

Campurkan kuning telur denga minyak zaitun. Oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama kurang lebih 20 menit atau sampai masker mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat dan waslap bersih, untuk menghilangkan bau amis pada wajah dapat digunakan sabun pembersih muka, trakhir bilas wajah dengan air dinig. Lakukan setiap dua minggu sekali.

6. Rebusan daun sirih untu melawan jerawat.


Cuci beberapa lembar daun sirih dan rebus sehinggga mendidih. Uapkan wajah  pada air daun sirih yang panas  selama kurang lebih 5-10 menit. Jika wajah sudah berkeringat, gosok perlahan dengan kain atau handuk bersih untuk mengangkat kotoran dan lemak dari wajah.

7. Mengecilkan por-pori dengan sour cream


Pori-pori besar dan tebuka dapat diatasi dengan menggunakan sour cream atau susu asam. Caranya ambil 1 sendok makan sour cream dan oleskan pada wajah dan leher, tunggu selama 15 menit, bilas dengan menggunakan air hangat dan terakhir bilas dengan menggunakan iar dingin.

8. Mengatasi kaki pecah-pecah


Untuk mengatasi kaki dan tumit pecah-pedah, dapat dimanfaatkan  garam. Ambil satu sendok makan garam dan campurkan dengan air panas dalam ember. Rendam kaki dalam campuran air dan garam. Jika terasa perih, angkat kaki sebentar kemudian masukkan lagi dalam air garam. Rendam kaki sampai air mendadi dingin, keringkan kaki dan oles dengan pelembab. Lakukan ini setiap hari.

9. Madu untuk kulit kaki


Selain memiliki khasit untuk wajah, madu juga dapat menjadikan kaki lebih lembut dan bersinar. Caranya, oleskan madu murni pada kulit kaki dan pijat perlahan sampai mengering. Basuh kaki dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk. Jika dilakukan secara teratur anda akan mendapatkan kaki yang lebut dan bersinar.

No comments:

Post a Comment