Tuesday, January 12, 2016

10 Fakta Menakjubkan Tentang Bakteri

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa berbagai penyakit bisa disebabkan karena bakteri. Akan tetapi, tidak banyak diantara kita yang mengetahui bahwa ada banyak hal menarik atau fakta-fakta mengenai mikro organisme tersebut.

Bakteri adalah mikro-organisme yang biasanya terdiri dari satu sel saja. mikro organisme ini bisa ditemukan di manapun di belahan bumi ini. Bakteri bisa ada di udara, air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan bahkan juga bisa ada di tubuh kita.

Pada tempat-tempat tertentu yang disukainya, biasanya bakteri akan tumbuh beberapa kali lipat dan jumlahnya jauh lebih banyak. Dan perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua bakteri berbahaya. Ada beberapa bakteri baik yang justru bermanfaat untuk kita dan melindungi kita. Bahkan, sistem pencernaan kita juga membutuhkan bakteri tertentu agar bisa memecah makanan. Selain itu, Miss V wanita juga dilindungi oleh bakteri tertentu sehingga apabila keseimbangan bakteri tersebut terganggu, bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada mereka.
Disamping bakteri yang baik, ada juga bakteri jahat yang berbahaya dan menyebabkan infeksi pada tanaman maupun pada hewan dan manusia. Beberapa fakta menarik mengenai bakteri akan dibahas pada poin-poin berikut ini.


Fakta pertama

Bakteri sudah ada di bumi jauh sebelum kita ada. Mereka dianggap sebagai salah satu bentuk tertua dari kehidupan bumi.

 Fakta kedua

Bakteri yang ada di atas meja kerja ternyata 399 kali lebih banyak dibandingkan dengan bakteri yang ada di toilet. Hal tersebut bisa terjadi karena meja kerja jarang dibersihkan, sering kita pegang dengan tangan yang berkeringat dan kotor.

Fakta ketiga

Ketika anda mencium pasangan anda, anda sebenarnya bertukar bakteri. Ada setidaknya satu miliar bakteri yang melakukan perjalanan atau perpindahan dari mulut anda ke mulut pasangan anda atau sebaliknya.

Fakta keempat

Fakta menarik lainnya dari bakteri adalah, pada tubuh kita setidaknya ada 2 kg bakteri.

Fakta kelima

Tahukah anda bahwa lebih dari 1400 spesies mikro organisme yang ada pada pusat tanda. Ya, pusar diperut anda merupakan sarang bakteri.

Fakta keenam

Ponsel kita atau smartphone yang anda pegang juga banyak mengandung bakteri. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ponsel kita cenderung lebih kotor dibandingkan dengan toilet duduk. Namun jangan heran karena setiap hari kita memegang ponsel tanpa mencuci tangan, kita memegang ponsel dengan tangan berkeringat, bahkan kita juga memegang ponsel pada saat tangan sangat kotor. Samping itu, kita jarang membersihkan gadget kesayangan.

Fakta ketujuh

Manusia tidak bisa melihat bakteri. Kita hanya bisa melihatnya melalui mikroskop.

Fakta kedelapan

Setidaknya ada 2500 jenis bakteri yang ada pada uang di dalam dompet kita. Jadi, setelah anda memegang uang dan sebelum makan jangan lupa cuci tangan.

Bakteri tersebut hadir bukan tanpa alasan, uang yang sering kita pegang akan berpindah tangan setiap waktu bahkan uang tidak pernah dicuci sehingga berbagai bakteri tumbuh subur.

Fakta kesembilan

Pada saat kita berkeringat, bau badan yang muncul bukan karena keringat melainkan karena bakteri.


Fakta kesepuluh

Bakteri bisa bertahan hidup hampir di semua tempat di planet ini dengan kondisi iklim yang ekstrim sekalipun. Hal tersebut bisa terjadi karena bakteri memang benar-benar tangguh.

No comments:

Post a Comment