Monday, January 11, 2016

Belajar Irit Tapi Gak Boleh Pelit

Irit dan pelit, kadang.. dua sejoli ini suka digandeng-gandengkan satu sama lainnya. Padahal, keduanya memiliki artian yang sangat jauh berbeda. Saya sendiri, suka berpikir.. Ibu saya adalah orang yang bekerja, bapak saya juga bukan pekerja yang selalu menghasilkan uang karena pekerjaan utamanya adalah mencari rumput untuk sapi dan kambingnya. Tapi, kenapa ibu saya selalu punya uang saat saya minta pinjam buat kebutuhan mendadak? Padahal, yang selalu menghasilkan uang adalah saya sebagai penulis konten yang InsyaAllah sudah dapat bayaran.

Perbedaan keduanya memang untuk beberapa orang disamakan, padahal menurut pandangan saya pribadi, begini arti keduanya:

Irit

Memanage keuangan dengan baik, tidak suka jajan yang berlebihan dan membeli barang-barang seperlunya. Selain itu, irit bisa diartikan dengan mengatur keuangan dengan seksama. Dan hal ini yang masih saya akan pelajari dengan baik. Seperti Ibu saya yang selalu irit, buktinya beliau punya uang terus :D.

Pelit

Pelit ini, berbeda dengan irit ya.. Kalo pelit itu saat dia punya kelebihan barang tapi gak mau berbagi. Sedekah gak pernah, dan kalau kepengen apa-apa yang gak pernah dibeli untuk dirinya sendiri juga gak diturutin. Mungkin begitu kira-kira hihhiihii.. Saya ingin belajar irit tapi saya gak mau pelit, bagaimana denganmu?

1 comment:

  1. Bakalan cepat kaya tuh kalo Irit dan Pelit..hahahayy

    ReplyDelete