Thursday, January 21, 2016

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dengan Bahan-Bahan Alami

Tahukah anda kalau sebenarnya anda bisa membuat sendiri cairan cuci piring yang biasa anda beli di toko? Cara membuat sabun cuci piring cair sebenarnya mudah, dan bahannya gampang didapatkan. Sabun cuci piring yang dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga selalu mengalami perkembangan. Kalau dulu menggunakan abu gosok ataupun air jeruk nipis untuk membersihkan piring yang kotor, kemudian beralih menggunakan sabun colek. Sekarang trend sabun colek mulai ditinggalkan dan berganti menggunakan sabun cuci piring cair. Banyak prouk cairan cuci piring yang beredar di pasaran. Penggunaanya yang lebih praktis membuatnya semakin dicintai ibu-ibu. Anda tertarik untuk membuat sabun ini sendiri? Simak caranya berikut ini!

Cara membuat sabun cuci piring herbal diawali dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan yang diperlukan untuk membuat sabun herbal adalah 500 ml air, 50 ml Texapon, garam, daun pandan, dan jeruk nipis secukupnya. Selain menyiapkan bahannya, anda perlu juga menyiapkan peralatannya yang terdiri dari baskom, gelas ukur, sendok, saringan, sarung tangan, masker, dan baju lengan panjang. Setelah bahan dan peralatannya siap, gunakan sarung tangn, masker, dan baju lengan panjang sebelum mengolahnya.

Pertama-tama, ambillah sari pandan dengan cara diblender dengan menambahkan air kemudian saring. Selanjutnya, peras jeruk nipis kemudian saring. Lalu, masukkan air sari pandan dan jeruk nipis yang telah disaring tadi ke dalam baskom. Tambahkan Texapon, air, dan garam secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Kalau semua bahan sudah tercampur, biarkan dalam baskom sampai 2 malam. Setelah dua malam, busa akan hilang dan sabun cuci piring buatan anda siap untuk digunakan. Masukkan ke dalam botol-botol bekas yang telah dibersihkan untuk menyimpannya.

Ternyata membuat sabun cuci piring herbal memang sangat mudah kan? Seilakan anda praktekan di rumah. Kalau hasil praktek cara membuat sabun cuci piring tersebut memuaskan anda bisa menjualnya ke tetangga sekitar. Apabila anda ingin mencari tips-tips lainnya yang berkaitan dengan kebersihan, bisa anda dapatkan di situsnya Cleanipedia. Cleanipedia.com merupakan situs yang berisi informasi seputar kebersihan rumah serta perabotan paling lengkap.

No comments:

Post a Comment