Thursday, January 14, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Google Adwords

Jika kita membicarakan suatu produk, tentu kita dapat menemukan kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Sama halnya dengan Google Adwords, sebuah program periklanan yang dibesut oleh Google yang memungkinkan iklan anda untuk muncul pada jaringan Google seperti pada mesin pencari Google serta jaringan lain seperti Youtube dan situs-situs lainnya yang memiliki ikatan kerja sama dengan Google. Dengan memasang iklan pada layanan ini, iklan yang anda buat akan disebarkan sesuai sasaran yang anda targetkan sehingga dapat memperbesar kesempatan akan terjadinya penjualan. Dan bagaimanakah dengan kelebihan atau kekurangan yang ada pada layanan tersebut?

Dari segi kelebihan, ada beberapa hal yang menjadi kekuatan layanan ini. Pertama, iklan anda akan dipromosikan pada semua jaringan Google mulai dari mesin pencari dan ribuan situs lainnya yang masuk dalam Google Display Networks. Kedua, anda dapat menargetkan iklan anda secara spesifik dengan menggunakan Google Adwords. Misalnya, anda bisa menentukan kata kunci sesuai dengan yang anda mau, menentukan kapan saja waktu yang memungkinkan iklan anda akan muncul dan anda juga bisa menentukan di wilayah mana saja iklan anda bisa muncul. Terlebih lagi anda juga bisa mendapatkan analisa dan laporan secara detail mengenai kinerja iklan yang anda buat. Informasi ini sangatlah penting untuk membantu anda dalam mengevaluasi strategi pemasaran anda melalui iklan tersebut.

Lalu seperti apa kekurangan dari layanan tersebut? Pertama, meski menggunakan system Pay Per Click atau anda hanya harus membayar ketika ada yang mengklik iklan anda, biaya iklan dari layanan ini cukup besar untuk skala UKM. Dalam prakteknya, biaya per klik untuk setiap iklan adalah minimal Rp 1.000 dengan anggaran minimal Rp 20.000 sehari. Namun, kondisi ini tentunya akan bergantung pada kondisi produk, persaingan dan juga posisi produk yang ditawarkan di dunia maya. Kedua, jika tidak menerapkan strategi yang tepat dalam pemilihan keyword dan sebagainya akan memungkinkan terjadinya promosi yang tidak efektif yang malah mengakibatkan pembengkakan anggaran. Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Google Adwords.

No comments:

Post a Comment