Thursday, January 14, 2016

Menciptakan Keluarga Sakinah Dengan Cara Yang Bijaksana

Setiap keluarga tentunya menginginkan kebahagiaan, ketenangan, saling memahami dan sebagainya. Terutama bagi anda yang baru merencanakan pernikahan atau bagi anda yang baru menikah. Sudah pasti mengharapkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Namun sebelum anda mencapai pengharapan tersebut, alangkah baiknya jika anda mengerti dan memahami tentang pengertian keluarga sakinah, mawaddah  warahmah tersebut, agar anda senantiasa selalu menyiapkan diri dan pasangan sebelum melangkah. Misalnya arti sakinah dalam sebuah keluarga, dalam bahasa Arab sakinah memiliki arti yang sangat dalam. Dan banyak arti yang terkandung dalam pengertian sakinah tersebut.

Sakinah memiliki pengertian yang banyak seperti penuh kasih sayang, terhormat, aman dan lainnya. Jadi pengertian keluarga sakinah bisa juga diartikan dengan keluarga yang di dalamnya terdapat penuh kasih sayang, yang bisa memberikan rasa tenang dan juga rasa aman. Terkadang ada saja keluarga yang berkecukupan rezeki namun tidak memiliki rasa aman dan tenang, setiap harinya gelisah dan mungkin juga bertengkar.


Pengertian Keluarga sakinah juga bisa diartikan sebagai pembelaan. Maksudnya yaitu jika ada anggota keluarga yang merasa terancam, maka anggota keluarga lainnya tentu akan memberikan perlindungan atau pembelaan. Pembelaan bukan saja terhadap sesuatu yang mengancam saja secara fisik, namun mengancam kenyamanannya misalkan suami yang membela dan mendukung istrinya agar istrinya bersama dia memiliki ilmu pengetahuan agama yang semakin baik dan berkembang.

Menciptakan keluarga yang sakinah merupakan keharusan dalam kehidupan sebuah keluarga, dimana ini merupakan tujuan awal atau pertama saat kita melangkah untuk membangun sebuah keluarga yang memberikan kenyamanan, ketenangan lahir dan bathin dengan jalan pernikahan. Namun untuk menciptakan hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, disini dibutuhkan saling pengertian antara satu anggota dengan anggota keluarga lainnya. Dalam hal ini orang tua di tuntut untuk lebih bijaksana dalam mengatur dan memberikan peraturan terhadap anak-anaknya.

Selain itu, untuk menciptakan keluarga yang bisa memberikan rasa nyaman, tenang dan juga penuh dengan kasih sayang, orang tua juga harus memberikan dan menerapkan pendidikan yang tepat. Misalnya memberikan contoh yang baik dari perilaku sehari-hari, mengajak komunikasi setiap saat sambil minum teh Sariwangi misalnya, teh yang terbuat dari bahan teh asli pilihan dan hal positif lainnya. Dengan begitu anak dan juga anggota keluarga lainnya akan merasa dianggap dan dihargai. Sambil minum teh, setiap anggota keluarga diberikan pengertian yang baik. Dan yang utama dalam menciptakan keluarga yang sakinah adalah dengan selalu menerapkan kejujuran dan sikap adil terhadap anggota keluarga lainnya bahkan sampai ke lingkungan yang lebih luas, misalkan seorang ayah yang akan menegur anaknya bila anaknya yang masih sekolah berbuat curang karena berusaha untuk membohongi temannya.

No comments:

Post a Comment