Friday, January 15, 2016

Mengatasi Utang Tanpa Terjerat Lingkaran Utang

Banyak orang pasti setuju bahwa mengelola keuangan bukan perkara mudah. Berapa banyak pun penghasilan seseorang, jika tak mampu mengatur keuangan, bisa jadi kondisi finansialnya akan menjadi sulit. Tidak sedikit juga orang berpenghasilan lebih dari cukup yang tetap terjerat utang.

Jika tak ingin bernasib sama dan tenggelam dalam utang, berusahalah mengatur keuangan sebaik mungkin. Agar dapat mengatur keuangan dengan baik saat sedang memiliki utang, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan yaitu mengelola pemasukan, pengeluaran, dan utang.

Mengelola Pemasukan

Salah satu cara untuk segera keluar dari utang adalah meningkatkan pemasukan. Adanya penghasilan tambahan tentunya dapat digunakan untuk melunasi utang. Jika pernah memberi pinjaman kepada orang lain, mulailah dengan menagih mereka yang masih berutang kepada Anda.

Cara lain yang dapat dicoba adalah menjual barang-barang tak terpakai yang masih layak. Tak perlu bingung ke mana harus menjual. Saat ini tersedia beragam toko online yang mudah diakses siapa saja untuk menjual berbagai barang.

Pekalah terhadap adanya peluang pekerjaan tambahan. Penghasilan tambahan tentunya dapat membantu percepatan pelunasan utang Anda. Hal terpenting yang harus dihindari adalah meminjam uang untuk menutupi utang. Terus melakukan pinjaman untuk melunasi pinjaman lain justru akan semakin menjerat Anda dalam lingkaran utang.

Mengelola Pengeluaran

Hal paling mudah dan naluriah yang dapat dilakukan saat terjepit utang adalah mengontrol pengeluaran. Hindari membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Hanya lakukan pembelian untuk suatu barang saat benar-benar membutuhkannya; atau jika barang tersebut dapat mendukung Anda mendapatkan lebih banyak pemasukan tambahan.

Saat membutuhkan barang tertentu, coba cari alternatif dari barang tersebut sebelum memutuskan membelinya. Jika memang harus membeli suatu barang, lakukan survei harga dari berbagai toko untuk mendapatkan harga termurah. Jangan malu untuk menawar saat hendak membeli barang. Saat membeli secara kredit atau mencicil, cobalah minta tanggal jatuh tempo lebih lama atau cicilan bebas bunga.

Meski sedang membatasi pengeluaran, jangan lupa membayar premi asuransi kesehatan dan kendaraan. Saat terjadi sesuatu, akan lebih merepotkan jika pihak asuransi tidak dapat membayar uang pertanggungan karena Anda telat membayar premi.

Mengelola Utang

Tidak sedikit orang yang mengelola utang dengan benar. Salah satu contohnya adalah banyak orang berusaha menutupi utang kartu kredit dengan meminjam uang dari rentenir. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena alih-alih meringankan utang, malah akan semakin membebani dengan bunga sangat besar.

Anda bisa mengganti utang jangka pendek, seperti kartu kredit, dengan kredit tanpa agunan (KTA) atau pegadaian. Cara lainnya adalah menggunakan jasa pelayanan negosiasi penyelesaian utang kartu kredit dan KTA, seperti layanan konsultasi utang dari amalan.id. Pihak layanan konsultasi utang akan membantu bernegosiasi dengan bank dan mendampingi hingga utang Anda lunas. Tak perlu ragu untuk mencoba layanan konsultasi utang sebab dengan layanan tersebut, Anda bisa tetap menyelesaikan kewajiban membayar utang tanpa terjerat lingkaran utang.

No comments:

Post a Comment