Friday, January 1, 2016

Suka Suntuk, Ini 7 Makanan yang Bisa Membuat Anda Gembira Seketika

Tahukah anda bahwa beberapa jenis makanan bisa membantu meningkatkan mood (suasana hati) menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, beberapa makanan juga justru berefek sebaliknya, yaitu membuat mood menjadi buruk. Makanan yang kita konsumsi akan berpengaruh langsung terhadap tubuh dan pikiran. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan antara makanan dan suasana hati memang ada.

Perubahan pola makan bisa membawa perubahan pada struktur otak yang pada gilirannya akan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak, kemudian beberapa makanan lain bisa meningkatkan depresi atau membuat kita tertekan, dan sebaliknya ada beberapa makanan yang bisa membuat suasana hati tiba-tiba gembira.
Penurunan kadar gula akan membuat kita merasa lelah dan tertekan. Selain itu, apabila tubuh dehidrasi maka otak juga akan ikut melemah sehingga konsentrasi bisa buyar.

Makanan yang meningkatkan mood

Bagi anda yang jarang memiliki suasana hati baik, tidak ada salahnya mencoba beberapa makanan berikut ini agar mood anda menjadi lebih baik.

1. Ayam turki

Ayam turki atau ayam kalkun bisa meningkatkan jumlah asam amino triptofan di dalam tubuh kita dan kemudian akan dirubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan neuron transmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati. Mengkonsumsi secara rutin ayam ini akan mengurangi tingkat depresi dan akan membuat suasana hati menjadi lebih gembira.

2. Madu

Selama ini, madu dikenal sebagai antibakteri dan menjadi salah satu makanan yang bisa memiliki banyak manfaat terutama untuk pengobatan. Tetapi madu tidak hanya bermanfaat untuk mengobati penyakit tertentu, namun bisa juga meningkatkan suasana hati dan membuat kita gembira.

Madu yang terasa manis memiliki kemampuan meningkatkan mood langsung dan mengurangi rasa cemas serta menghilangkan depresi.

3. Yoghurt

Jika anda tidak pernah mengkonsumsi yoghurt, tidak ada salahnya sesekali membeli yoghurt karena makanan asam yang terbuat dari susu ini kaya akan kalsium dan bisa mengurangi tingkat stres serta kecemasan.

Yoghurt akan membantu melepaskan neuron transmitter sehingga suasana hati anda bisa meningkat atau menjadi ceria.

4. Coklat hitam

Dark coklat bisa meningkatkan suasana hati dan bisa meningkatkan konsentrasi otak. Semakin gelap coklat yang anda konsumsi, maka suasana hati akan semakin baik. Coklat membantu melepaskan hormon yang disebut endomorfine dan dapat meningkatkan serotonin serta mengubah mood menjadi lebih baik.

Coklat juga efektif apabila digunakan untuk mengurangi rasa cemas.

5. Tomat

Tomat kaya akan likopen yang bisa meningkatkan mood. Tomat mengandung magnesium dan folat yang bisa merubah suasana hati serta merubah serotonin dan dopamin.

6. Telur

Makanan lain yang bisa membuat anda gembiara seketika adalah telur yang kaya protein. Telur dikenal bisa meningkatkan energi dan suasana hati. Selain kaya protein, telur juga memiliki nutrisi yang sangat banyak bisa bermanfaat untuk mengurangi stres dan rasa cemas.

7. Pisang

Pisang kaya vitamin C, B6 dan vitamin A. Apabila suasana hati anda sedang tidak baik, anda bisa mengkonsumsi pisang untuk meningkatkan asam amino triptofan. Dengan begitu, suasana hati akan berbalik menjadi lebih menyenangkan.

No comments:

Post a Comment