Sunday, May 29, 2016

7 Tips Kesehatan yang Sebenarnya Tidak Baik

Beberapa diantara kita sering membaca tips kesehatan di internet maupun di buku-buku, dan secara membabi-buta mengikutinya tanpa mempertimbangkan beberapa hal. Berbicara mengenai tips kesehatan, ada beberapa orang yang lebih suka memilih menjadi vegetarian karena lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang suka makan daging. Hal tersebut sudah pasti sangat baik. Akan tetapi, mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan bukanlah sesuatu yang baik. Sebaliknya, apabila anda sudah mengkonsumsi makanan yang mencukupi semua kebutuhan nutrisi anda, maka hal tersebut sudah cukup.

Setiap tips kesehatan patut dipertimbangkan dan anda juga harus mengetahui baik dan buruknya bagi tubuh anda. Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa tips kesehatan yang sebenarnya justru tidak baik, berikut beberapa diantaranya.

Makan setelah pukul 20.00


Banyak tips cara untuk hidup sehat  yang menyarankan anda makan sebelum jam 8 malam. Dan, para ahli juga mengatakan bahwa makan setelah jam 8 sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.
Namun, yang harus anda ketahui adalah, apabila anda makan jam 07.00 atau sebelum malam, namun tidak ada aktivitas yang anda lakukan setelahnya, maka hal tersebut juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, jika anda makan antara jam 9 atau jam 10 malam namun setelahnya anda melakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak secara aktif, maka hal tersebut justru tidak mengapa.

Mengkonsumsi suplemen

Banyak orang yang mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi maupun vitamin mereka. Akan tetapi, sebenarnya apa yang sudah kita dapatkan dari makanan jika kita menjaga makanan-makanan dengan mengkonsumsi yang sehat dan bervariasi, maka hal tersebut sudah cukup.
Sebaliknya, mengkonsumsi suplemen terkadang bisa menyebabkan seseorang kelebihan vitamin.

Mengkonsumsi snack

Banyak orang yang suka mengkonsumsi makanan ringan pada saat-saat tertentu. Sebenarnya anda tidak harus meninggalkan kebiasaan tersebut jika anda rutin berolahraga selain itu, makanan ringan yang berbahaya diantaranya adalah makanan asin yang banyak mengandung garam dan MSG yang dapat menyebabkan kanker dan gula darah naik.


Tidak mengkonsumsi lemak sama sekali

Banyak orang tidak tahu bahwa ada dua jenis lemak. Lemak yang pertama adalah lemak jenuh atau lemak jahat yang tidak baik. Yang kedua adalah lemak tak jenuh atau lemak baik yang justru bermanfaat bagi kesehatan.
Setiap kita makan, kita juga setidaknya harus menyertakan lemak karena bisa membantu melancarkan dan mempercepat pencernaan, mengatur gula darah, hormon, serta akan membuat anda lebih berenergi.

Menghindari karbohidrat

Beberapa orang yang ingin sehat melakukan hal yang sangat tidak sehat yaitu menghindari karbohidrat sama sekali.
Padahal, anjurannya adalah mengurangi karbohidrat bukan menghindarinya. Karena karbohidrat merupakan salah satu sumber energi yang akan membuat tubuh kita berfungsi sepanjang hari.


Olahraga sampai sakit

Banyak orang yang memaksakan diri saat berolahraga sehingga tubuh mereka tidak mampu lagi menahan beban. Olahraga memang baik. Namun apabila dilakukan secara berlebihan justru tidak berakibat positif bagi kesehatan.


Mengkonsumsi vitamin C yang untuk mengatasi penyakit

Banyak orang yang mengalami batuk pilek atau penyakit lainnya kemudian mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C dalam dosis tinggi. Meskipun itu bukanlah ide yang salah, akan tetapi kita juga harus tetap konsumsi makanan yang kaya nutrisi lainnya karena hal tersebut juga akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan kuman.

1 comment:

  1. iya kalau lagi flu ni biasa di rumah langsung stok buah jeruk yang banyak, sebenernya kalau mau sehat sudah ada teladan yang sangat baik dari Rasul

    ReplyDelete