Saturday, July 30, 2016

Apakah Aman Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?

Kadang-kadang, ketika kita hamil, kita menjadi kaku dan sangat selektif pada saat memilih makanan yang akan dikonsumsi. Hal tersebut memang wajar adanya karena ibu hamil wajib menjaga kesehatan dirinya maupun bayi didalam kandungan. Sehingga, mereka tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi sembarang makanan, terutama yang merugikan seperti makanan yang tidak sehat atau tidak memiliki manfaat untuk ibu hamil dan untuk anak didalam kandungannya.

Berbicara mengenai makanan, salah satu yang banyak kita jumpai dan yang paling banyak penggemarnya adalah mie instan. Bahkan ada banyak ibu hamil yang tidak bisa menahan diri untuk makan mie instan. Pertanyaannya, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi mie instan? Adakah efek tertentu yang akan didapat oleh ibu hamil maupun bayinya apabila mengkonsumsi mie instan?

Kesehatan ibu hamil dan bayi didalam kandungannya sangat penting. Sehingga, setiap makanan yang kita konsumsi harus digali informasinya sedetail mungkin sebelum dimakan. Karena beberapa jenis makanan maupun minuman bisa merugikan ibu hamil dan bayi. Salah satu yang dikhawatirkan apabila kita mengkonsumsi mie instan adalah penyedap rasa yang ada di dalamnya.
Inilah yang harus dipikirkan oleh ibu hamil. Penyedap rasa bisa mengganggu kesehatan anak dan mengganggu pertumbuhan yang.

Penyedap rasa bagi ibu hamil


Alasan mengapa banyak diantara kita yang kecanduan dengan mie instan adalah karena rasanya yang sangat nikmat. Makanan ini sangat lezat di lidah dan mudah untuk dibuat. Makanan-makanan lezat lainnya seperti burger atau pizza harganya terlalu mahal. Sedangkan mie instan, dengan biaya murah kita bisa mendapatkannya.

Jadi selain alasan-alasan di atas, sebenarnya mie instan banyak dipandang rendah dan sudah banyak orang yang mengetahui bahwa makanan ini tidak sehat walaupun diberikan campuran berupa sayur,k daging dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu bahwa mie instan yang dibuat dari tepung halus adalah musuh bagi pencernaan. Mie instan adalah salah satu alasan mengapa kita mudah mengalami obesitas. Apabila orang normal saja akan bermasalah dengan mie instan, maka ibu hamil sudah pasti akan lebih bermasalah lagi.

Ketahui kandungan mie instan


Jika kita telisik lebih dalam, kita akan mengetahui kandungan yang ada di dalam mie instan kebanyakan mie instan mengandung minyak sawit, tepung, tepung terigu, dan juga garam. Akan tetapi, ada banyak mie instan yang tidak menuliskan bahan-bahan lain yang juga ada di bumbu seperti, gula, monosodium glutamat atau MSG dan lain-lain.

Apa kata para ahli mengenai mie instan untuk ibu hamil?


Para ahli kesehatan mengatakan bahwa mie instan tidak akan menyebabkan gangguan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Atau dikonsumsi secara jarang-jarang. Akan tetapi, belum ada satupun ahli kesehatan yang merekomendasikan mie instan sebagai makanan sehat. Artinya bahwa agama mi instant bukan makanan bergizi. Walaupun beberapa tagline iklan mie instan mengatakan bahwa mi tersebut memiliki gizi.

Namun jangan mudah percaya oleh gimmick iklan karena biasanya gizi yang terkandung sangat sedikit sekali. Justru sebaliknya, mie instan tidak digolongkan ke dalam diet seimbang, terdapat kandungan garam, MSG dan pati didalamnya, terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan hipertensi, dan bahkan, kandungan mineral, vitamin, protein dan serat yang ada di mie instan sangat kecil sekali sehingga mengkonsumsinya dapat menyebabkan gangguan pencernaan, atau apabila terlalu sering dapat menyebabkan anak mengalami kurang gizi.

Kenapa mie instan berbahaya?


Mie instant dianggap berbahaya terutama bagi ibu hamil karena makanan ini sulit sekali dicerna. Selain itu mereka juga tidak mengandung gizi yang banyak. Sebaliknya, mie instan kebanyakan mengandung beberapa zat berbahaya seperti pengawet, natrium, pewarna, penyedap rasa, bahkan ada zat aditif dan lain-lain.

Kandungan lainnya yang dimiliki oleh mie instan adalah lemak trans. Lemak trans adalah istilah untuk lemak jahat. Mengkonsumsi mie instan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kolesterol atau dapat menyebabkan kolesterol meningkat. Selain itu, secara bertahap dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2.

Dalam setiap 100 gram mie instan mengandung 2.500 mg natrium, hal tersebut dianggap tidak baik untuk ibu hamil. Beberapa hasil penelitian lain menunjukkan bahwa, mie instan merupakan makanan yang diproses dengan menggunakan bahan-bahan yang juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

No comments:

Post a Comment