Friday, July 29, 2016

Cara Mencegah Agar Pakaian Tidak Memudar

Pakaian-pakaian kita yang berwarna-warni lambat laun akan memudar baik karena deterjen, karena digosok, karena mesin cuci, atau karena sengatan sinar matahari. Lebih-lebih, kalau kita menggunakan deterjen yang sangat keras, maka warna pakaian akan lebih mudah luntur. Selain itu, terkadang kita harus memaksakan menggunakan bahan tertentu untuk menghilangkan noda pada pakaian tersebut sehingga warna pakaian semakin kusam.

Lain lagi apabila kita membeli pakaian-pakaian berharga murah yang terkadang warnanya luntur sehingga hanya dalam hitungan bulan, warna pakaian tersebut sudah pudar. Untuk mencegah agar warna pakaian tidak memudar,ndan untuk mengurangi kelunturan pada pakaian, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita terapkan.

Cara-cara ini harus diterapkan sebelum mencuci atau sebelum meletakkan cucian di dalam mesin cuci. Cara paling mudah untuk mencegah agar pakaian tidak mudah luntur adalah dengan merendamnya menggunakan bahan-bahan yang alami dan hindarilah penggunaan deterjen yang terlalu keras.
Pakaian pakaian berwarna gelap atau pakaian hitam, cenderung memudar lebih cepat dibandingkan dengan warna yang lainnya.

Untuk menghindari agar warna pakaian tersebut tidak cepat memudar, pertama, baliklah pakaian pakaian tersebut sebelum dicuci. Jangan khawatir mengenai kotoran dan debu yang ada di pakaian tersebut karena air akan dengan mudah menghilangkannya.

Gunakan Cuka


Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan cuka. Untuk mengurangi pemudaran pada pakaian rumah kita sebaiknya mencuci dengan tangan. Pada saat mencuci, tambahkan satu cangkir cuka putih kedalam larutan deterjen yang berisi pakaian. Biarkan pakaian tersebut berdentang selama kurang lebih 5 menit sebelum dibilas. Cara sederhana menjaga agar pakaian tidak luntur ini sangat ampuh untuk menjaga pakaian-pakaian kita tetap terlihat seperti baru.

Hindari Matahari Langsung


Tips mencegah pakaian agar tidak luntur selanjutnya adalah dengan menghindari sinar matahari langsung pada saat menjemur. Karena sinar matahari langsung biasanya memiliki efek memutihkan sehingga pakaian pakaian berwarna akan cepat pudar.

Namun jika harus terpaksa menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian, cobalah untuk membalik pakaian tersebut saat dijemur.

Mengeringkan pakaian juga memiliki teknik tertentu agar pakaian-pakaian tersebut tidak mudah pudar. Selain dengan cara menghindari sinar matahari langsung, dan membalik pakaian sebelum dijemur dibawah sinar matahari, cobalah untuk menghindari menyetrika dengan setrika yang terlalu panas sesaat setelah kamu menerapkan pelicin dan pewangi pada pakaian tersebut.

Hindari Air Panas


Tips terakhir untuk menjaga agar pakaian tidak mudah luntur adalah dengan menghindari penggunaan air panas untuk mencuci pakaian pakaian berwarna. Karena air panas akan menyebabkan baju lebih mudah luntur.

Agar warna pakaian lebih awet, kurangilah penggunaan pakaian-pakaian tersebut di siang hari terutama jika kamu harus keluar dan berjemur di bawah sinar matahari. Sebaliknya, menggunakan pakaian pakaian tersebut di sore hari atau malam hari akan membantu agar warna pakaian tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment