Saturday, July 23, 2016

Resep Cemilan Sehat - Lumpia Panggang

A photo posted by Husnul Khotimah (@innuel) on


Musim penghujan adalah dimana musimnya mulut pengen nyemil terus, tak terkecuali mulut saya yaaa.. Apalagi, suami suka minta cemilan ditengah ia kerja. Pantas saja kalau badannya mulai menggembung dan mengembang haha. Dan berhubung jajan diluaran sudah sangat extrem dengan berbagai macam bahan yang mereka gunakan. Dari yang minyak goreng dipakai hingga ribuan kali sampai bahan-bahan yang kurang baik yang mereka pakai. Apalagi kalau jajan pinggiran jalan, yang harganya murah, bisa dipastikan itu.

Dan kali ini, saya mencoba membuat lumpia dari beberapa kali yang saya buat, kali ini lumpia bikinan saya lumayan lah... agak berhasil haha.

Sekarang, mari kita bikin kulitnya dulu.

Kulit lumpia, petama kali saya bikin, agaknya memang sangat gagal karena tekstur yang buruk. Kali ini saya benar-benar pengen belajar membuat kulit lumpia yang empuk, tebal dan tidak keras.

Bahan kulit lumpia:

Saya menggunakan tepung cakra kembar kira-kira seperempat kili / 250gram
Susu kental manis, harusnya pake susu plain 3 sendok makan
garam sejumput
mentega 2 sendok makan
telur 1 butir
air secukupnya kurang lebih 300ml

Ukurannya saya gak bener-bener ngitung, ini dah kesalahannya.. Saya menyesuaikan saja, kekentalannya yang gak terlalu kental banget. Saya pilih untuk menyaring adonan karena pengalaman, adonan yang bergerindil bikin kulit lumpia rusak. Sebelumnya saya make tepung kanji, tapi hasilnya keras, kurang suka hehe..

Bahan Isian lumpia panggang

Wortel iris tipis kayak batang korek api, ayam bagian dada, kecambah yang ditumis dengan bawang merah dan bawang putih aja. Minyaknya pake sesendok aja kemudian bumbuin garam, merica dan gula.

Kenapa di Panggang?

Saya memilih memanggang lumpia di teflon bekas saya membuat kulit lumpia. Alasannya karena suami udah protes karena kebanyakan minyak dalam masakan, jadi mengurangi minyak gitu dikit-dikit hehe. Resep lengkapnya, ukuran dan sebagainya nyusul yaaa.. :D

No comments:

Post a Comment