Wednesday, August 3, 2016

Cara Membuat Pengusir Lalat dengan Bahan Alami

Pernah suatu waktu, rumah kami sebenarnya sangat bersih rumah baru saja selesai di pel. Tapi herannya, ada banyak lalat yang masuk ke dalam rumah dan hinggap di sekitar kami terutama di lantai. Sehingga membuat saya bertanya-tanya, apa sebenarnya yang menyebabkan lalat tersebut datang? Apakah ada sesuatu yang mengundang lalat lalat tersebut? Ternyata setelah saya teliti lebih jauh, lalat lalat tersebut hadir di rumah kami karena ada bau dari ikan asin yang baru saja kami dapatkan dari orang tua. Bau-bauan tertentu memang bisa mengundang lalat untuk datang ke rumah kita. Namun beberapa sumber bau tersebut kadangkala tidak bisa kita hindari karena kita butuhkan, misalnya ikan asin tersebut. Untuk menghindari agar lalat tidak masuk ke dalam rumah, ada beberapa cara membuat pengusir lalat dari bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak atsiri.

Cara membuat pengusir lalat alami


Berikut adalah teknik membuat pengusir lalat dengan menggunakan minyak atsiri sebagai bahan utama.

Langkah pertama

Kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan yang kita butuhkan. Diantara bahan-bahannya adalah,


  • Kaleng kecil yang masih memiliki penutup. Bisa menggunakan kaleng bekas obat atau kaleng yang lainnya.
  • Selembar kain berukuran kecil atau spons cuci piring yang bersih.
  • 2 sendok makan minyak sayur.
  • 100 tetes minyak atsiri.
  • 2 sendok makan witch hazel. Jika kamu tidak punya, kamu bisa menggantikannya dengan alkohol.
  • Pengusir lalat alami ini akan kita tempatkan di tengah ruangan atau di atas meja untuk mengusir lalat sepanjang hari. Pengusir lalat ini akan bekerja dengan menyebarkan aroma dari campuran bahan-bahan yang kita buat tersebut ke udara.
     

    Langkah kedua

    Minyak atsiri memiliki kemampuan untuk mengusir lalat. Tidak hanya itu, minyak ini juga cukup efektif untuk mengusir nyamuk dan hama yang lainnya. Kalau kamu kesulitan menemukan minyak atsiri, kamu bisa mencarinya di toko-toko makanan. Atau coba saja pesan secara online. Cara membuat pengusir nyamuk alami, atau pengusir lalat alami, yang kedua adalah dengan mencampurkan beberapa minyak esensial berikut ini.


  • Minyak lavender juga efektif untuk mengusir lalat.
  • Minyak citronella yang pada umumnya dipasangkan dengan lilin juga bisa membantu mengusir lalat atau serangga.
  • Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial yang paling efektif untuk mengusir nyamuk. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat.
  • Minyak eucalyptus adalah minyak atsiri lainnya yang ampuh untuk mengusir lalat dari rumah.

    Langkah ketiga


    Cara membuat pengusir lalat alami dengan minyak atsiri atau minyak esensial adalah, tempatkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu aduk hingga rata. Ingat, minyak atsiri harus diencerkan terlebih dahulu agar tidak mudah menguap dan habis. Minyak atsiri tersebut juga bisa dioleskan di kulit untuk menghindari gigitan nyamuk. Lalu tempatkan spons atau kain di dalam kaleng kemudian siram dengan menggunakan campuran minyak atsiri yang sudah kita buat. Dengan begitu, minyak tersebut akan mengeluarkan aroma secara perlahan dan tidak akan mudah habis. Jika tidak dibutuhkan, kamu bisa menutup kaleng tersebut agar lebih awet.

    Cara membuat semprotan pengusir lalat alami


    Jika sebelumnya kita membuat pengusir lalat yang hanya diletakkan di tengah-tengah ruangan atau di atas meja kamu berikut adalah panduan cara membuat pengusir lalat dengan bahan alami yang diisikan kedalam semprotan. Bahan-bahan yang harus disediakan diantaranya adalah,
  • Setengah cangkir witch hazel.
  • Setengah cangkir cuka apel.
  • 50 tetes minyak atsiri. Kamu bisa memilih salah satu dari minyak atsiri yang ada atau sesuai dengan yang kamu miliki misalnya, minyak citronella, minyak sereh, minyak rosemary, lavender, minyak kayu putih, atau minyak mint.


  • Tuangkan bahan-bahan tersebut ke dalam botol semprot yang sudah kamu siapkan. Kemudian aduk hingga rata. Setelah itu kami semprotan sudah siap digunakan. Sebelum menggunakan semprotan kemana kocok terlebih dahulu semprotan tersebut kemudian, semprotkan ke bagian-bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, pelanggan, kaki, atau bagian tubuh yang lainnya yang kemungkinan akan dihinggapi lalat. Hindari agar tidak terkena mulut atau mata. Kita juga bisa memanfaatkan bahan alami pengusir lalat ini untuk disemprotkan ke pakaian. Pengusir lalat ini tidak akan meninggalkan bekas pada pakaian. Sebisa mungkin, hindarilah menyemprotkan bahan-bahan tersebut kepada anak-anak atau pada hewan peliharaan. Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan minyak atsiri atau minyak esensial sebelum diajarkan terlebih dahulu. Karena bisa berbahaya untuk kulit.


    Mengusir lalat dari rumah

    Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa lalat biasanya hadir di rumah-rumah karena ada aroma tertentu yang mengundangnya. Agar lalat tidak banyak berkumpul di rumah kita, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Tips menyingkirkan lalat dari rumah yang pertama adalah,



  • Singkirkan semua benda-benda yang dapat menyebabkan air tergenang di halaman rumah atau di sekitar lingkungan rumah kita.
  • Pastikan selokan yang ada di sekitar rumah tidak menyebabkan air tergenang. Sebisa mungkin buatlah air tersebut mengalir.
  • Menanam marigold merupakan salah satu cara untuk mengusir serangga. Karena tanaman ini aromanya tidak disukai oleh serangga seperti lalat.
  • Menanam pohon mint atau rempah-rempah yang memberikan aroma pengusir serangga seperti pohon sereh adalah cara terbaik menjauhkan lalat dari rumah.
  • Bungkus makanan makanan yang memiliki aroma mengundang lalat seperti ikan, ikan asin, atau yang sejenisnya. Apa bisa juga dengan menyimpannya di dalam kulkas agar tidak mengeluarkan aroma menyengat.
  • Segera buang benda-benda yang berbau menyengat terutama dari tempat sampah yang ada di dapur.
  • No comments:

    Post a Comment