Thursday, August 18, 2016

Informasi Penting yang Harus Kamu Baca Sebelum Menggunakan Tetes Mata

Obat tetes mata adalah salah satu obat yang paling banyak digunakan terutama oleh pengendara roda dua yang jarang melindungi area sekitar wajah dengan menggunakan kaca helm. Padahal, melindungi mata dari debu dan kotoran sangat penting untuk menjaga agar mata tetap sehat, tidak kering dan terlindungi dari berbagai bahaya seperti virus maupun bakteri. Tetes mata juga merupakan sebuah keharusan yang sering diberikan kepada pasien yang baru saja menjalani operasi mata. Selain itu, beberapa orang cenderung menggunakan tetes mata saat mereka mengalami sakit mata sebelum pergi ke dokter. Terakhir, tetes mata juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati glaukoma.

Namun ada banyak informasi penting sebenarnya yang tidak diketahui oleh pasien yang sering menggunakan obat tetes mata.

Para ahli kesehatan menyarankan kepada setiap orang untuk tidak langsung menggunakan obat tetes mata tanpa melalui resep dokter. Selain itu, tanggal kadaluarsa yang ada di obat tetes mata juga harus benar-benar diperhatikan karena seringkali, kita menyimpan obat tetes mata dalam jangka waktu yang lama. Obat tetes mata tersebut kita simpan yang apabila dibuang. Kebanyakan diantara kita berpikir bahwa obat tetes mata tersebut bisa bertahan lama setelah digunakan dan karena jumlahnya yang masih banyak tersebut. Jadi sebelum menggunakan tetes mata, perhatikan kembali tanggal kadaluarsa yang tertera di botol atau pada kotaknya.

Karena apabila kita menggunakan obat tetes mata yang sudah kadaluarsa, hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi atau masalah kesehatan mata.

Banyak obat tetes mata yang dijual secara bebas di pasaran justru bisa menimbulkan masalah baru bagi kesehatan mata kita apabila, kita tidak mengikuti dengan benar petunjuk yang tertera untuk penggunaannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menggunakan tetes mata.

Petunjuk penggunaan yang pertama adalah, ketika kamu akan menerapkan tetes mata, pastikan kamu mengikuti metode yang benar. Caranya, miringkan kepala ke arah belakang dan pastikan kedua mata terbuka. Setelah itu terapkan tetes mata sedekat mungkin dengan mata sesuai jumlah yang dianjurkan. Pastikan obat tersebut tepat jatuh di tengah-tengah mata dan berkedip-kedip lah setelah itu untuk membuat tetes mata menyebar dengan baik. Saat berkedip, berkediplah secara perlahan. Jangan terlalu cepat dan jangan berkedip secara berlebihan. Hindari mengucek-ngucek mata atau menggosok-gosokkan mata setelah menerapkan obat tetes mata.

Saat menerapkan obat tetes mata disarankan untuk meneteskan tidak terlalu banyak. Satu tetes obat mata walaupun berukuran kecil biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah yang ada.

Jika dokter meresepkan lebih dari satu tetes untuk satu mata, disarankan untuk menunggu setidaknya hingga enam menerapkan tetes yang kedua.

Data yang disimpan setelah penggunaannya harus dijauhkan dari sinar matahari langsung dan harus disimpan di tempat yang dingin atau sejuk.

Bagi kamu yang mengalami masalah dengan mata, misalnya mata merah teriritasi, jika kamu khawatir hal tersebut disebabkan oleh sesuatu tidak kamu ketahui, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan hindari menggunakan obat tetes yang dijual secara bebas di pasaran.


Saran untuk menjaga kesehatan mata


Memeriksakan mata secara reguler adalah cara paling tepat untuk menjaga kesehatan mata. Terjadi masalah dengan mata, sangat penting untuk tidak mengambil kesimpulan sendiri atau mendiagnosa sendiri masalah yang dihadapi. Sebaliknya, dianjurkan untuk mengunjungi spesialis mata atau dokter mengetahui secara jelas apa yang menjadi penyebab masalah sakit mata.

1 comment:

  1. soal tanggal kadaluarsa memang peting banget mba... sayangnya karena hurufnya kecil-kecil kita sering abai dengan bagian ini...

    ReplyDelete