Wednesday, August 10, 2016

Pilihan Makanan Terbaik Selama Kehamilan (Prenatal)

Setiap ibu harus berhati-hati dalam memilih makanan yang mereka konsumsi selama kehamilan (prenatal). Misalnya saja, beberapa minggu pertama merupakan fase paling penting dalam kehamilan dan sekaligus paling rawan. Disebut paling penting, karena pada saat itulah sel-sel terbentuk menjadi bagian-bagian seperti kepala, badan, organ, dan lain-lain. Fase inilah yang bisa menentukan apakah anak bisa tumbuh dengan normal atau akan menjadi cacat. Kemudian dikatakan sebagai waktu paling rawan karena, pada minggu-minggu awal kehamilan sebelum minggu ke-12, ibu hamil rentan terhadap keguguran.

 Untuk membantu agar bayi didalam kandungan bisa tumbuh dengan sempurna dari awal terbentuknya hingga lahir nanti, maka dibutuhkan makanan-makanan yang terbaik. Beberapa makanan tersebut harus mengandung folat, zat besi, vitamin, kalium, dan serat. Pilihan makanan juga harus diperhatikan. Karena ada beberapa jenis makanan yang justru dapat menyebabkan wanita hamil mengalami keguguran.

Misalnya, terlalu banyak makan pepaya muda, karena dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan rahim menjadi lemah. Tidak dianjurkan juga mengkonsumsi terlalu banyak kopi, vitamin C lebih dari 7000 mg, dan beberapa makanan yang tidak sehat seperti, mie instan, atau makanan-makanan yang banyak mengandung MSG, garam, pemanis buatan, pengawet dan lain-lain. Anak akan mendapatkan makanan yang dimakan oleh ibunya melalui plasenta. Oleh sebab itu, apabila ibu hamil mengkonsumsi makanan yang tidak aman atau yang berbahaya, hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan bayi didalam kandungan. Jadi kamu semua kebiasaan makan yang tidak sehat harus benar-benar dihindari.

Pilihan makanan terbaik selama kehamilan

Daftar makanan untuk ibu hamil sebelum mereka melahirkan yang bisa dikonsumsi dari awal kehamilan hingga bulan ke-9 dan yang dianjurkan agar memenuhi jumlah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi, diantaranya adalah.

Daging tanpa lemak


Zat besi dibutuhkan setidaknya dua kali lipat selama kehamilan. Zat besi tidak hanya membantu ibu menghindari anemia, melainkan juga dibutuhkan oleh bayi di dalam kandungan untuk mengembangkan sel darah merah. Dan daging tanpa lemak dipercaya sebagai sumber protein sekaligus zat besi.

Yogurt


Di negara kita, ibu-ibu hamil masih belum terbiasa mengkonsumsi makanan yang satu ini. Padahal, yogurt yang sebenarnya terbuat dari susu adalah makanan yang banyak mengandung kalsium sehingga sangat baik untuk perkembangan tulang. Ahli kesehatan mengatakan bahwa, mengkonsumsi yogurt oleh ibu hamil selama kehamilan akan membantu sistem saraf berfungsi dengan baik pada bayi dan bakteri baik yang ada di dalam yogurt bisa membantu mencegah infeksi lambung. Untuk bisa mendapatkan Yogurt, kamu bisa mencari di alfamart, namun jika terasa lelah memilih, kamu juga bisa mencarinya dengan cara buka di alfamartku online melalui website.

Ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3


Di Indonesia, kita masih kesulitan menemukan ikan salmon. Ikan salmon adalah pilihan utama sebagai ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 dan cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun sayangnya, karena sulit ditemukan, kita harus beralih ke alternatif yang lain. Namun beberapa ikan lainnya yang juga mengandung asam lemak omega-3, walaupun tidak sebanyak ikan salmon, bisa dijadikan sebagai alternatif. Diantaranya adalah, ikan tuna, ikan sarden, atau bisa juga didapatkan dari minyak ikan yang sudah dikemas seperti Scott Emulsion. Minyak ikan dipercaya dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi serta membantu metabolisme Vitamin yang larut

Alpukat


Buah alpukat juga sangat baik sebagai makanan ibu hamil karena banyak mengandung vitamin C, vitamin B 6, folat, dan potasium. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu membentuk jaringan pada anak dan Membantu perkembangan otak bayi. Ibu hamil yang mengalami morning sickness bisa mengatasinya dengan memanfaatkan alpukat. Mengkonsumsi alpukat setiap hari adalah cara paling baik untuk mendapatkan vitamin dan mengatasi rasa mual dan muntah muntah selama kehamilan karena morning sickness.

Buah pisang


Diantara buah-buahan, salah satu yang terbaik bagi ibu hamil adalah buah pisang. Pisang banyak mengandung kalium dan bisa memberikan energi sehingga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan untuk mengatasi rasa lelah. Kandungan potasium yang ada pada pisang sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan sistem saraf.

Telur


Sumber protein alternatif untuk ibu hamil selain daging adalah telur. Jadi apabila selama prenatal Ibu merasa kesulitan untuk membeli daging karena harganya yang mahal, atau karena keanggunan untuk makan daging, ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi makanan lain berupa telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Telur adalah makanan yang banyak mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan.

Tidak hanya itu, di dalam telur juga terkandung nutrisi yang dapat membantu perkembangan keseluruhan kesehatan bayi terutama untuk membantu perkembangan otaknya. Para ahli kesehatan percaya bahwa, di dalam telur terdapat kolin yang dapat membantu kecerdasan anak sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Pilihan telur yang terbaik untuk ibu hamil adalah telur rebus. Selain itu, ibu hamil juga harus tahu bahwa mengkonsumsi telur dianjurkan maksimal tiga butir sehari. Oh ya.. Kamu juga bisa mendapatkan telur ini di Alfamart lo.. Untuk memudahkan, kamu bisa melihat beberapa pilihan telur yang akan dibeli dengan cara buka di Alfamartku, yaitu website online milik alfamart. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment