Tuesday, October 11, 2016

Apa Itu Kamera Mirrorless Serta Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait kamera Mirrorless, silakan simak uraian berikut ini. Kamera yang satu ini menjadi salah satu kamera yang banyak digunakan oleh fotografer profesional. Banyak fotografer yang mengganti penggunaan kamera DSLR dengan kamera yang satu ini. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Camera Mirrorless dan apa saja kelebihan kamera yang satu ini? Kamera yang satu ini merupakan kamera yang tidak menggunakan cermin jika diterjemahkan secara harfiah. Namun sebenarnya maknanya yaitu kamera yang lensanya dapat diganti atau dilepas-pasang tanpa dilengkapi dengan cermin.

Keunggulan dari kamera Mirrorless yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kamera DSLR mengingat kamera ini tidak menggunakan cermin. Sebagian besar kamera ini tidak dilengkapi dengan optical viewfinder layaknya kamera DSLR. Hanya beberapa saja yang dilengkapi dengan optical viewfinder, contohnya saja FUjifilm X-Pro2. Komponen yang absen tersebut digantikan oleh EVC atau Electronik viewfinder yang semakin ke sini teknologinya semakin matang. Berkat kematangan teknologi tersebut, penampilan gambarnya tanpa lag disertai dengan resolusi yang tinggi. Kelebihan utama kamera yang satu ini memang ukurannya yang lebih mungil sehingga bobotnya juga lebih ringan.



Untuk kualitas, kamera Mirrorless vs Kamera DSLR tidak kalah jauh karena kebanyakan sudah menggunakan sensor yang berukuran besar. Misalnya saja Sony A7R II yang mengusung sensor Full-frame yang umumnya hanya dapat ditemui pada kamera-kamera DSLR yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Performa Camera Mirrorless sendiri sudah banyak yang mendekati kamera DSLR, kontrol manualnya juga semakin lengkap. Sayangnya kamera yang satu ini masih lemah untuk continous autofocus. Hal tersebut membuat beberapa fotografer masih mempertahankan penggunaan kamera DSLR, contohnya saja para fotografer di dunia olahraga.

Hal Penting Mengenai Kamera Mirrorless


Namun secara umum, kamera Mirrorless merupakan kamera yang tidak lagi dapat dipandang sebelah mata. Kamera yang satu ini tidak hanya unggul di dunia fotografi tetapi juga di dunia videografi. Untuk lebih mudah dalam memahami Camera Mirrorless lebih lanjut, berikut adalah pembahasan lengkapnya. Di bawah ini merupakan hal-hal penting yang harus Anda ketahui mengenai camera Mirrorless:


Ukurannya lebih kecil


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamera ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan dibanding kamera DSLR.

Autofokus yang lebih lambat


Untuk menggunakan fitur autofocus, Anda dapat mengandalkan kamera Mirrorless dengan cukup baik. Namun seperti yang sudah disebutkan bahwa kamera ini cukup lemah jika digunakan untuk pengambilan objek yang bergerak. Namun untuk autofocus statisnya bahkan ada yang memiliki kecepatan lebih dibandingkan kamera DSLR. Dengan kata lain, penggunaan fitur autofocus pada kamera ini hanya lemah jika digunakan untuk objek yang bergerak.


Kualitas tidak kalah bagus


Jika dibandingkan dengan kamera DSLR, Camera Mirrorless memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya. Contohnya saja seperti kamera Mirrorless Sony A6000 dengan Nikon DSLR D7100, ukuran APS-C keduanya sama. Sekalipun ada perbedaan kemampuan high-ISO, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh.

Dapat menggunakan lensa apapun


Keuntungan menggunakan camera Mirrorless yaitu dapat mengganti atau memasang dan melepas lensanya. Namun yang tidak kalah penting, Anda dapat menggunakan lensa apapun untuk digunakan pada kamera ini. Pasalnya kamera ini memiliki flange distance yang cukup pendek yaitu jarak antara lensa dan sensornya. Namun pemasangan lensa tersebut harus didukung dengan adapter yang tepat, jangan sembarang.

Pilihan lensa bervariasi


Bagi Anda yang masih ragu menggunakan kamera Mirrorless hanya karena pilihan lensa yang terbatas, Anda tidak perlu ragu lagi. Saat ini sudah ada banyak pilihan lensa yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk camera Mirrorless.
Lebih tenang

Shutter kamera lebih tenang dan juga fleksibel, tidak ada suara mirror bergerak ketika shutter sedang bekerja. Bahkan ada beberapa kamera yang sudah menggunakan elektronik shutter yang tidak menghasilkan suara dengan kecepatan mencapai 1/32000 detik. Namun tentunya ada risiko atau efek sampingnya, misalnya saja Jello Effect.


Baterai yang boros


Jika dibandingkan dengan kamera DSLR, penggunaan kamera Mirrorless memang lebih boros baterai. Hal tersebut disebabkan oleh kebutuhan daya yang cukup besar untuk live view dari sensor ke LCD. Karena kamera DSLR menggunakan optical viewfinder yang memungkinkan untuk menghemat daya. Namun sebenarnya jika dibandingkan dengan kamera DSLR yang menggunakan mode live view juga akan sama borosnya atau tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik 2016


Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kamera Mirrorless, simak uraian berikut. Berikut adalah daftar camera Mirrorless yang ditawarkan dengan spesifikasi memukau:


Sony Alpha A5100


Kamera yang satu ini cocok untuk digunakan para pemula yang ingin menggunakan camera Mirrorless. Fitur-fitur yang ada sangat menggoda dengan kualitas hasil gambar yang sangat bagus. Menariknya lagi, kamera ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Kamera ini dilengkapi dengan built-in Wifi serta kemampuan merekam video 1080 piksel pada 60 fps. Untuk harganya sendiri, kamera ini ditawarkan dengan harga sekitar 8 jutaan rupiah.

Panasonic Lumix DMC-GX8


Kamera yang satu ini juga mencari kamera Mirrorless terbaik, cocok untuk Anda yang membutuhkan kamera dengan fitur video yang bagus. Kamera ini ampu merekam video 4K secara internal walaupun memiliki ukuran yang kecil. Namun berkat ukurannya yang kecil, kamera ini sangat nyaman untuk digenggam. Menariknya lagi, kamera ini dilengkapi degan kontrol manual yang cukup lengkap. Kamera ini sendiri memiliki sensor beresolusi 20.3 MP dan viewfinder elektronicnya memiliki 2,3 juta titik. Kamera yang sudah dilengkapi dengan WiFi dan NFC ini ditawarkan dengan harga di bawah 20 juta rupiah.


Fujifilm X-T1


Kamera yang satu ini termasuk kamera Mirrorless profesional dengan body yang terbuat dari material alumunium alloy. Kamera ini dapat tahan gerimis atau cipratan air, kamera yang satu ini juga tahan ketika terkena benturan dan lumpur. Tidak hanya itu saja, keistimewaan lain kamera yang satu ini yaitu adanya tombol pengaturan manual yang sangat nyaman. Kamera ini memang dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat memukau sehingga harganya cukup mahal. Harga kamera ini yaitu mencapai 16 juta rupiah, sangat sebanding dengan kualitasnya.

Olympus OM-D E-M1


Kamera ini mirip dengan kamera SLR klasik, kamera ini juga ditawarkan dengan harga yang cukup mahal. Pasalnya teknologi yang disematkan pada kamera ini cukup lengkap dan serba canggih. Bagaimana tidak, kamera ini dapat tahan terhadap debu, cipratan air dan juga benturan yang cukup keras. Kamera yang dilengkapi dengan sistem Dual Focus AF ini ditawarkan dengan harga sekitar 21 juta rupiah. Harga kamera Mirrorless yang satu ini memang cukup mahal, namun kualitasnya yang sangat bagus tidak akan membuat Anda menyesal telah membelinya.

Selain yang sudah disebutkan, sebenarnya masih ada banyak lagi camera Mirrorless lainnya yang dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni. Bagi Anda yang tertarik menggunakan kamera yang satu ini, Anda dapat membelinya dengan harga murah di Bhinneka.com. Silakan cari dan pilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah membaca uraian diatas, mungkin Anda sudah tidak sabar lagi ingin menggunakan camera Mirrorless. Untuk itu segera kunjungi Bhinneka.com dan dapatkan penawaran menarik untuk pembelian camera Mirrorless. Demikian yang dapat disampaikan mengenai kamera Mirrorless, semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment