Tuesday, October 18, 2016

Bisnis, Dimata Blogger Amatiran

Sejak dulu saya selalu punya cita-cita untuk berbisnis suatu saat nanti. Dari sekian pilihan bisnis yang ada, saya sangat tertarik untuk berjualan hijab. Namun hingga saat ini belum bisa saya penuhi dan masih berkonsentrasi mengumpulkan blog yang ingin saya rawat dan saya besarkan. Sedikit demi sedikit saya mencoba mengurangi menerima orderan menulis artikel karena saya juga ingin mengembangkan blog sendiri.



Kalau ngomongin soal bisnis, yang pasti di Indonesia bisnis yang menjanjikan ada banyak sekali. Saat saya browsing dan membaca baca beberapa peluang bisnis yang menjanjikan, saya menemukan ada beberapa yang memang menarik dan cocok untuk saya seperti:
  • Bisnis kuliner
  • Bisnis online
  • Bisnis ritel
  • Afiliasi, dan
  • Menjadi penulis content.
Untuk yang terakhir, saya sudah menjalaninya sejak lama. Lumayan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi, menjadi penulis konten bagi saya tidak begitu menarik karena pelanggan di Indonesia belum banyak yang mampu membeli tulisan mahal. Namun, permintaan tulisan yang diinginkan oleh pelanggan sudah pasti selalu adalah tulisan-tulisan yang terbaik.

Masalahnya, tulisan-tulisan yang terbaik hanya bisa didapatkan apabila kita melakukan riset lebih dalam dan lebih banyak. Melakukan banyak riset berarti meluangkan banyak waktu. Sedangkan harga tulisan akan dihargai sama.

Mungkin ada diantara kalian yang sudah pernah menjadi penulis konten dan masih dibayar dengan harga yang tidak terlalu mahal (murah), sudah saatnya kita berpikir lebih jauh. Kita meluangkan begitu banyak waktu dan tenaga sehingga sudah sepantasnya apabila dihargai dengan harga yang mahal. Saya terkadang termenung ketika melihat beberapa orang yang rela menjual artikelnya dengan harga murah. Namun setiap orang pasti berbeda-beda. Saya tetap menghargai apa yang ingin mereka capai.

Namun bagi saya pribadi, saya tetap ingin memberikan artikel berkualitas dengan harga yang pantas.

Lagi-lagi ngomongin soal bisnis, saking kepengennya cita-cita ini bisa tercapai, saya dan suami bahkan sempat berembuk untuk pindah ke daerah Bandung yang terkenal karena harga barangnya yang murah. Hingga saat ini, ide untuk pindah tersebut sebenarnya masih ngambang. Mengingat kami sudah banyak membeli barang rumah tangga yang apabila harus pindah pasti harus dijual karena tidak mungkin untuk diangkut ke sana.

Karena opsi ini kemungkinan untuk di eksekusi sangat kecil, saya dan suami kembali mencoba beberapa ide lain dengan mencari daerah-daerah yang lebih dekat seperti Surabaya atau Malang yang mungkin bisa membuat peluang bagi kami untuk menjalankan bisnis yang ingin kami geluti terbuka lebih lebar.

Mungkin beberapa diantara teman-teman ada yang punya masukkan? Karena saat ini saya benar-benar membutuhkan ide dan masukan-masukan serta pengalaman dari teman-teman di luar sana yang mungkin berbisnis hijab atau berasal dari beberapa daerah yang cukup menjanjikan untuk tipe bisnis seperti yang saya inginkan. Selain berbisnis saya juga selalu ingin untuk bisa berinvestasi suatu saat nanti. Karena keliatannya investasi Indonesia sangat menjanjikan.

No comments:

Post a Comment