Thursday, August 18, 2016

Informasi Penting yang Harus Kamu Baca Sebelum Menggunakan Tetes Mata

Obat tetes mata adalah salah satu obat yang paling banyak digunakan terutama oleh pengendara roda dua yang jarang melindungi area sekitar wajah dengan menggunakan kaca helm. Padahal, melindungi mata dari debu dan kotoran sangat penting untuk menjaga agar mata tetap sehat, tidak kering dan terlindungi dari berbagai bahaya seperti virus maupun bakteri. Tetes mata juga merupakan sebuah keharusan yang sering diberikan kepada pasien yang baru saja menjalani operasi mata. Selain itu, beberapa orang cenderung menggunakan tetes mata saat mereka mengalami sakit mata sebelum pergi ke dokter. Terakhir, tetes mata juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati glaukoma.

Namun ada banyak informasi penting sebenarnya yang tidak diketahui oleh pasien yang sering menggunakan obat tetes mata.

Para ahli kesehatan menyarankan kepada setiap orang untuk tidak langsung menggunakan obat tetes mata tanpa melalui resep dokter. Selain itu, tanggal kadaluarsa yang ada di obat tetes mata juga harus benar-benar diperhatikan karena seringkali, kita menyimpan obat tetes mata dalam jangka waktu yang lama. Obat tetes mata tersebut kita simpan yang apabila dibuang. Kebanyakan diantara kita berpikir bahwa obat tetes mata tersebut bisa bertahan lama setelah digunakan dan karena jumlahnya yang masih banyak tersebut. Jadi sebelum menggunakan tetes mata, perhatikan kembali tanggal kadaluarsa yang tertera di botol atau pada kotaknya.

Karena apabila kita menggunakan obat tetes mata yang sudah kadaluarsa, hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi atau masalah kesehatan mata.

Banyak obat tetes mata yang dijual secara bebas di pasaran justru bisa menimbulkan masalah baru bagi kesehatan mata kita apabila, kita tidak mengikuti dengan benar petunjuk yang tertera untuk penggunaannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menggunakan tetes mata.

Petunjuk penggunaan yang pertama adalah, ketika kamu akan menerapkan tetes mata, pastikan kamu mengikuti metode yang benar. Caranya, miringkan kepala ke arah belakang dan pastikan kedua mata terbuka. Setelah itu terapkan tetes mata sedekat mungkin dengan mata sesuai jumlah yang dianjurkan. Pastikan obat tersebut tepat jatuh di tengah-tengah mata dan berkedip-kedip lah setelah itu untuk membuat tetes mata menyebar dengan baik. Saat berkedip, berkediplah secara perlahan. Jangan terlalu cepat dan jangan berkedip secara berlebihan. Hindari mengucek-ngucek mata atau menggosok-gosokkan mata setelah menerapkan obat tetes mata.

Saat menerapkan obat tetes mata disarankan untuk meneteskan tidak terlalu banyak. Satu tetes obat mata walaupun berukuran kecil biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah yang ada.

Jika dokter meresepkan lebih dari satu tetes untuk satu mata, disarankan untuk menunggu setidaknya hingga enam menerapkan tetes yang kedua.

Data yang disimpan setelah penggunaannya harus dijauhkan dari sinar matahari langsung dan harus disimpan di tempat yang dingin atau sejuk.

Bagi kamu yang mengalami masalah dengan mata, misalnya mata merah teriritasi, jika kamu khawatir hal tersebut disebabkan oleh sesuatu tidak kamu ketahui, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan hindari menggunakan obat tetes yang dijual secara bebas di pasaran.


Saran untuk menjaga kesehatan mata


Memeriksakan mata secara reguler adalah cara paling tepat untuk menjaga kesehatan mata. Terjadi masalah dengan mata, sangat penting untuk tidak mengambil kesimpulan sendiri atau mendiagnosa sendiri masalah yang dihadapi. Sebaliknya, dianjurkan untuk mengunjungi spesialis mata atau dokter mengetahui secara jelas apa yang menjadi penyebab masalah sakit mata.

Tuesday, August 16, 2016

Hati - Hati Smartphonemu Mengandung Banyak Kuman


Semakin canggihnya smartphone di era modern ini, jarang sekali ada orang yang betah berlama-lama terpisah dengan gadgetnya. Terutama smartphone tersebut terisi dengan aplikasi - aplikasi seru seperti sosial media dan games. Jika Anda termasuk golongan orang-orang yang sering menggunakan ponsel atau smartphone, kemungkinan besar smartphone kesayangan Anda merupakan tempat tumbuhnya berbagai macam kuman dan bakteri berbahaya, maka anda membutuhkan cairan anti kuman yang ampuh dan cepat membunuh kuman.

Hal itu terbukti Beberapa dari kita ada yang menghabiskan “waktu berkualitas” di dalam toilet, seperti berlama-lama duduk di toilet duduk sambil bermain gadget. Padahal, toilet merupakan tempat paling kotor karena terdapat jutaan kuman dan bakteri di dalamnya yang dapat menjadi sumber penyakit. Meski setiap hari toilet dibersihkan, nyatanya kuman dan virus tidak pergi begitu saja.

Ponsel memiliki 18 kali lebih banyak bakteri dibandingkan toilet. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa rata-rata orang menghabiskan tiga bulan dalam hidup mereka duduk di toilet, di mana 1,5 bulan dihabiskan untuk melihat atau bermain ponsel ketika sedang berada di toilet atau buang air besar di toilet. Hal ini dapat menyebabkan kuman atau virus menempel di ponsel yang dapat membahayakan. Jadi, berpikirlah dua kali sebelum meletakan ponsel yang telah dibawa ke dalam toilet pada wajah kamu.

Bakteri semacam ini biasanya berasal dari kebiasaan Anda jarang membersihkan ponsel atau ketika Anda menyentuh permukaan benda lain yang kotor dan lupa tidak mencuci tangan. Akan tetapi pada kasus lainnya, bakteri yang berkumpul pada smartphone bisa jadi berbahaya dan berujung pada infeksi, keracunan makanan, atau bahkan masalah kesehatan yang lebih parah jika kita tidak langsung membersihkan tangan kita menggunakan Cairan Anti Kuman.

Untuk itu Antis sebagai Cairan Anti Kuman  dalam bentuk  hand sanitizer (pembersih tangan anti kuman tanpa air) berbasis alkohol yang efektif membunuh kuman dengan cepat, seperti kuman flu dan diare, dan juga praktis untuk digunakan dimana saja dan kapan saja. Antis juga mengandung bahan aktif alkohol dan Irgasan DP-300 yang cepat membunuh kuman atau bakteri di tangan.
 Antis mengandung moisturizer sebagai pembersih tangan tidak terasa kering. Bahan dalam antis memiliki efek long lasting untuk memberikan perlindungan dari kuman selama 2 jam. Antis kini memiliki dua varian diantaranya, Jeruk Nipis yang tersedia dalam bentuk gel dan cair dan Fresh Clean yang  tersedia dalam bentuk gel.


Wednesday, August 10, 2016

Pilihan Makanan Terbaik Selama Kehamilan (Prenatal)

Setiap ibu harus berhati-hati dalam memilih makanan yang mereka konsumsi selama kehamilan (prenatal). Misalnya saja, beberapa minggu pertama merupakan fase paling penting dalam kehamilan dan sekaligus paling rawan. Disebut paling penting, karena pada saat itulah sel-sel terbentuk menjadi bagian-bagian seperti kepala, badan, organ, dan lain-lain. Fase inilah yang bisa menentukan apakah anak bisa tumbuh dengan normal atau akan menjadi cacat. Kemudian dikatakan sebagai waktu paling rawan karena, pada minggu-minggu awal kehamilan sebelum minggu ke-12, ibu hamil rentan terhadap keguguran.

 Untuk membantu agar bayi didalam kandungan bisa tumbuh dengan sempurna dari awal terbentuknya hingga lahir nanti, maka dibutuhkan makanan-makanan yang terbaik. Beberapa makanan tersebut harus mengandung folat, zat besi, vitamin, kalium, dan serat. Pilihan makanan juga harus diperhatikan. Karena ada beberapa jenis makanan yang justru dapat menyebabkan wanita hamil mengalami keguguran.

Misalnya, terlalu banyak makan pepaya muda, karena dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan rahim menjadi lemah. Tidak dianjurkan juga mengkonsumsi terlalu banyak kopi, vitamin C lebih dari 7000 mg, dan beberapa makanan yang tidak sehat seperti, mie instan, atau makanan-makanan yang banyak mengandung MSG, garam, pemanis buatan, pengawet dan lain-lain. Anak akan mendapatkan makanan yang dimakan oleh ibunya melalui plasenta. Oleh sebab itu, apabila ibu hamil mengkonsumsi makanan yang tidak aman atau yang berbahaya, hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan bayi didalam kandungan. Jadi kamu semua kebiasaan makan yang tidak sehat harus benar-benar dihindari.

Pilihan makanan terbaik selama kehamilan

Daftar makanan untuk ibu hamil sebelum mereka melahirkan yang bisa dikonsumsi dari awal kehamilan hingga bulan ke-9 dan yang dianjurkan agar memenuhi jumlah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi, diantaranya adalah.

Daging tanpa lemak


Zat besi dibutuhkan setidaknya dua kali lipat selama kehamilan. Zat besi tidak hanya membantu ibu menghindari anemia, melainkan juga dibutuhkan oleh bayi di dalam kandungan untuk mengembangkan sel darah merah. Dan daging tanpa lemak dipercaya sebagai sumber protein sekaligus zat besi.

Yogurt


Di negara kita, ibu-ibu hamil masih belum terbiasa mengkonsumsi makanan yang satu ini. Padahal, yogurt yang sebenarnya terbuat dari susu adalah makanan yang banyak mengandung kalsium sehingga sangat baik untuk perkembangan tulang. Ahli kesehatan mengatakan bahwa, mengkonsumsi yogurt oleh ibu hamil selama kehamilan akan membantu sistem saraf berfungsi dengan baik pada bayi dan bakteri baik yang ada di dalam yogurt bisa membantu mencegah infeksi lambung. Untuk bisa mendapatkan Yogurt, kamu bisa mencari di alfamart, namun jika terasa lelah memilih, kamu juga bisa mencarinya dengan cara buka di alfamartku online melalui website.

Ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3


Di Indonesia, kita masih kesulitan menemukan ikan salmon. Ikan salmon adalah pilihan utama sebagai ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 dan cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun sayangnya, karena sulit ditemukan, kita harus beralih ke alternatif yang lain. Namun beberapa ikan lainnya yang juga mengandung asam lemak omega-3, walaupun tidak sebanyak ikan salmon, bisa dijadikan sebagai alternatif. Diantaranya adalah, ikan tuna, ikan sarden, atau bisa juga didapatkan dari minyak ikan yang sudah dikemas seperti Scott Emulsion. Minyak ikan dipercaya dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi serta membantu metabolisme Vitamin yang larut

Alpukat


Buah alpukat juga sangat baik sebagai makanan ibu hamil karena banyak mengandung vitamin C, vitamin B 6, folat, dan potasium. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu membentuk jaringan pada anak dan Membantu perkembangan otak bayi. Ibu hamil yang mengalami morning sickness bisa mengatasinya dengan memanfaatkan alpukat. Mengkonsumsi alpukat setiap hari adalah cara paling baik untuk mendapatkan vitamin dan mengatasi rasa mual dan muntah muntah selama kehamilan karena morning sickness.

Buah pisang


Diantara buah-buahan, salah satu yang terbaik bagi ibu hamil adalah buah pisang. Pisang banyak mengandung kalium dan bisa memberikan energi sehingga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan untuk mengatasi rasa lelah. Kandungan potasium yang ada pada pisang sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan sistem saraf.

Telur


Sumber protein alternatif untuk ibu hamil selain daging adalah telur. Jadi apabila selama prenatal Ibu merasa kesulitan untuk membeli daging karena harganya yang mahal, atau karena keanggunan untuk makan daging, ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi makanan lain berupa telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Telur adalah makanan yang banyak mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan.

Tidak hanya itu, di dalam telur juga terkandung nutrisi yang dapat membantu perkembangan keseluruhan kesehatan bayi terutama untuk membantu perkembangan otaknya. Para ahli kesehatan percaya bahwa, di dalam telur terdapat kolin yang dapat membantu kecerdasan anak sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Pilihan telur yang terbaik untuk ibu hamil adalah telur rebus. Selain itu, ibu hamil juga harus tahu bahwa mengkonsumsi telur dianjurkan maksimal tiga butir sehari. Oh ya.. Kamu juga bisa mendapatkan telur ini di Alfamart lo.. Untuk memudahkan, kamu bisa melihat beberapa pilihan telur yang akan dibeli dengan cara buka di Alfamartku, yaitu website online milik alfamart. Semoga membantu.

Wednesday, August 3, 2016

Cara Membuat Pengusir Lalat dengan Bahan Alami

Pernah suatu waktu, rumah kami sebenarnya sangat bersih rumah baru saja selesai di pel. Tapi herannya, ada banyak lalat yang masuk ke dalam rumah dan hinggap di sekitar kami terutama di lantai. Sehingga membuat saya bertanya-tanya, apa sebenarnya yang menyebabkan lalat tersebut datang? Apakah ada sesuatu yang mengundang lalat lalat tersebut? Ternyata setelah saya teliti lebih jauh, lalat lalat tersebut hadir di rumah kami karena ada bau dari ikan asin yang baru saja kami dapatkan dari orang tua. Bau-bauan tertentu memang bisa mengundang lalat untuk datang ke rumah kita. Namun beberapa sumber bau tersebut kadangkala tidak bisa kita hindari karena kita butuhkan, misalnya ikan asin tersebut. Untuk menghindari agar lalat tidak masuk ke dalam rumah, ada beberapa cara membuat pengusir lalat dari bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak atsiri.

Cara membuat pengusir lalat alami


Berikut adalah teknik membuat pengusir lalat dengan menggunakan minyak atsiri sebagai bahan utama.

Langkah pertama

Kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan yang kita butuhkan. Diantara bahan-bahannya adalah,


  • Kaleng kecil yang masih memiliki penutup. Bisa menggunakan kaleng bekas obat atau kaleng yang lainnya.
  • Selembar kain berukuran kecil atau spons cuci piring yang bersih.
  • 2 sendok makan minyak sayur.
  • 100 tetes minyak atsiri.
  • 2 sendok makan witch hazel. Jika kamu tidak punya, kamu bisa menggantikannya dengan alkohol.
  • Pengusir lalat alami ini akan kita tempatkan di tengah ruangan atau di atas meja untuk mengusir lalat sepanjang hari. Pengusir lalat ini akan bekerja dengan menyebarkan aroma dari campuran bahan-bahan yang kita buat tersebut ke udara.
     

    Langkah kedua

    Minyak atsiri memiliki kemampuan untuk mengusir lalat. Tidak hanya itu, minyak ini juga cukup efektif untuk mengusir nyamuk dan hama yang lainnya. Kalau kamu kesulitan menemukan minyak atsiri, kamu bisa mencarinya di toko-toko makanan. Atau coba saja pesan secara online. Cara membuat pengusir nyamuk alami, atau pengusir lalat alami, yang kedua adalah dengan mencampurkan beberapa minyak esensial berikut ini.


  • Minyak lavender juga efektif untuk mengusir lalat.
  • Minyak citronella yang pada umumnya dipasangkan dengan lilin juga bisa membantu mengusir lalat atau serangga.
  • Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial yang paling efektif untuk mengusir nyamuk. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat.
  • Minyak eucalyptus adalah minyak atsiri lainnya yang ampuh untuk mengusir lalat dari rumah.

    Langkah ketiga


    Cara membuat pengusir lalat alami dengan minyak atsiri atau minyak esensial adalah, tempatkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu aduk hingga rata. Ingat, minyak atsiri harus diencerkan terlebih dahulu agar tidak mudah menguap dan habis. Minyak atsiri tersebut juga bisa dioleskan di kulit untuk menghindari gigitan nyamuk. Lalu tempatkan spons atau kain di dalam kaleng kemudian siram dengan menggunakan campuran minyak atsiri yang sudah kita buat. Dengan begitu, minyak tersebut akan mengeluarkan aroma secara perlahan dan tidak akan mudah habis. Jika tidak dibutuhkan, kamu bisa menutup kaleng tersebut agar lebih awet.

    Cara membuat semprotan pengusir lalat alami


    Jika sebelumnya kita membuat pengusir lalat yang hanya diletakkan di tengah-tengah ruangan atau di atas meja kamu berikut adalah panduan cara membuat pengusir lalat dengan bahan alami yang diisikan kedalam semprotan. Bahan-bahan yang harus disediakan diantaranya adalah,
  • Setengah cangkir witch hazel.
  • Setengah cangkir cuka apel.
  • 50 tetes minyak atsiri. Kamu bisa memilih salah satu dari minyak atsiri yang ada atau sesuai dengan yang kamu miliki misalnya, minyak citronella, minyak sereh, minyak rosemary, lavender, minyak kayu putih, atau minyak mint.


  • Tuangkan bahan-bahan tersebut ke dalam botol semprot yang sudah kamu siapkan. Kemudian aduk hingga rata. Setelah itu kami semprotan sudah siap digunakan. Sebelum menggunakan semprotan kemana kocok terlebih dahulu semprotan tersebut kemudian, semprotkan ke bagian-bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, pelanggan, kaki, atau bagian tubuh yang lainnya yang kemungkinan akan dihinggapi lalat. Hindari agar tidak terkena mulut atau mata. Kita juga bisa memanfaatkan bahan alami pengusir lalat ini untuk disemprotkan ke pakaian. Pengusir lalat ini tidak akan meninggalkan bekas pada pakaian. Sebisa mungkin, hindarilah menyemprotkan bahan-bahan tersebut kepada anak-anak atau pada hewan peliharaan. Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan minyak atsiri atau minyak esensial sebelum diajarkan terlebih dahulu. Karena bisa berbahaya untuk kulit.


    Mengusir lalat dari rumah

    Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa lalat biasanya hadir di rumah-rumah karena ada aroma tertentu yang mengundangnya. Agar lalat tidak banyak berkumpul di rumah kita, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Tips menyingkirkan lalat dari rumah yang pertama adalah,



  • Singkirkan semua benda-benda yang dapat menyebabkan air tergenang di halaman rumah atau di sekitar lingkungan rumah kita.
  • Pastikan selokan yang ada di sekitar rumah tidak menyebabkan air tergenang. Sebisa mungkin buatlah air tersebut mengalir.
  • Menanam marigold merupakan salah satu cara untuk mengusir serangga. Karena tanaman ini aromanya tidak disukai oleh serangga seperti lalat.
  • Menanam pohon mint atau rempah-rempah yang memberikan aroma pengusir serangga seperti pohon sereh adalah cara terbaik menjauhkan lalat dari rumah.
  • Bungkus makanan makanan yang memiliki aroma mengundang lalat seperti ikan, ikan asin, atau yang sejenisnya. Apa bisa juga dengan menyimpannya di dalam kulkas agar tidak mengeluarkan aroma menyengat.
  • Segera buang benda-benda yang berbau menyengat terutama dari tempat sampah yang ada di dapur.