Monday, January 9, 2017

Ingin Mata Tetap Sehat? Konsumsi 9 Makanan Ini Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan mata, banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari, menghindari sinar matahari langsung yang silau terutama di siang hari yang dapat menyebabkan mata menjadi rusak, tidak terlalu sering mengucek-ngucek mata terutama pada saat gatal dan teriritasi, konsumsi makanan sehat, dll. Itu semua adalah cara lain melindungi agar mata tetap sehat.

Selain itu, kebiasaan menatap gadget atau layar terlalu dekat dan terlalu sering juga dapat menyebabkan mata mudah sakit. Oleh sebab itu, hindarilah terlalu sering menatap gadget.



Namun jika diperlukan, cobalah untuk mengurangi kecerahan gadget, jauhkan gadget dari mata, dan gunakan font atau huruf yang besar dan mudah dibaca agar tidak memaksa mata bekerja terlalu keras.

Memeriksakan kondisi kesehatan mata setiap dua atau tiga tahun sekali ke dokter atau klinik akan membantu menjaga mata agar tetap sehat dan agar mata tetap mendapatkan perawatan sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Selain dengan beberapa cara di atas, cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memberikannya perawatan dari dalam dengan makanan.

Apa saja daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi agar mata menjadi sehat?


Makanan untuk kesehatan mata



Wortel


Untuk mencegah atau untuk mengobati mata minus, makanan yang paling banyak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah wortel.

Wortel yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten bisa membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan mata rusak atau menjadi minus.


Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3


Daftar makanan yang paling banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup tinggi adalah ikan salmon.

Akan tetapi, di Indonesia, ikan salmon tidak populer atau sangat sulit ditemukan. Sehingga, kita membutuhkan sumber-sumber lain yang juga mengandung asam lemak omega 3 untuk menjaga kesehatan mata.

Selain ikan salmon, asam lemak omega-3 juga bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan lain seperti ikan tuna atau ikan sarden. Selain itu, tentu saja minyak ikan kod yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk kemasan juga bisa menjadi sumber asam lemak omega 3.


Biji bunga matahari


Jika kamu suka mengkonsumsi biji bunga matahari sebagai cemilan, maka secara tidak langsung kamu sudah membantu menjaga kesehatan matamu. Karena, di dalam biji bunga matahari terkandung vitamin E, selenium, dan seng yang bisa bermanfaat untuk mencegah katarak atau masalah pada mata.

Ada banyak hal yang terjadi pada mata ketika usia kita bertambah tua, salah satunya adalah kaburnya penglihatan.

Rajin mengkonsumsi biji bunga matahari yang mengandung berbagai vitamin serta mineral, tertentu termasuk juga vitamin B2 akan sangat baik untuk menjaga sensitifitas mata terhadap cahaya sehingga akan terjaga dan tetap sehat.


Telur


Makanan selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan mata adalah telur. Telur mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti: vitamin B12, vitamin D, vitamin A, lutein, dan cysteine.

Khusus untuk lutein dan zeaxanthin, banyak ditemukan di bagian putih telur.

Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang bisa membantu mengatasi radikal bebas penyebab katarak atau degenerasi makula.


Buah alpukat


Kandungan buah alpukat salah satunya yang sangat bermanfaat untuk mata adalah asam lemak omega 3. Ya, buah alpukat merupakan buah yang bisa menjadi sumber asam lemak omega 3 selain berbagai jenis ikan yang telah disebutkan pada poin di atas.

Selain itu, alpukat juga mengandung lutein zeaxanthin serta beta karoten (vitamin A) yang baik untuk menjaga kesehatan mata serta untuk melindungi mata dari kerusakan


Tomat


Tomat yang dikenal sebagai buah sekaligus sayur ini juga cocok untuk menjaga kesehatan mata karena banyak mengandung vitamin A, likopen, dan vitamin C.

Tomat, baik itu dikonsumsi dalam keadaan segar, dibuat menjadi jus, atau dibuat menjadi sayuran, dan bahkan ketika tomat dibuat menjadi saus, berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya tidak akan rusak dan tetap dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.


Bawang putih


Bawang putih dikenal juga bisa membantu menjaga kesehatan mata karena bawang putih mengandung vitamin B1, vitamin C, selenium, quetiapine, dan glutathione.

Berbagai kandungan yang ada di dalam bawang putih tersebut menurut ahli kesehatan bisa membantu menjaga kesehatan mata kita dari berbagai bahaya seperti sinar ultraviolet atau radikal bebas.

Rajin mengkonsumsi bawang putih juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh dan bermanfaat juga untuk memperkuat sel-sel optik mata.


Sayur bayam


Diantara sayur-sayuran, sayur bayam merupakan salah satu sayur yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Namun, walaupun tidak berharga mahal bayam menyimpan sejumlah kandungan seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Secara khusus, bayam memiliki kandungan vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang dapat membantu mencegah berbagai masalah pada mata seperti penyakit glaukoma.


Brokoli


Selain sayur bayam, brokoli dianggap sebagai salah satu makanan yang sehat dan baik untuk menjaga agar mata bebas dari berbagai macam penyakit atau komplikasi.

Sayur brokoli banyak mengandung nutrisi. Di dalamnya juga terdapat lutein serta zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet.

No comments:

Post a Comment