Wednesday, July 26, 2017

Hal-hal yang Bisa Membuat Wanita Nyaman Berada di Dapur

Sebagai wanita, urusan dapur adalah urusan yang wajib dan gak boleh dilewatkan. Mungkin banyak wanita yang memilih untuk tidak sering berada didapur rumahnya dan lebih senang berada diluar rumah. Namun bagi saya, dapur adalah tempat utama yang paling sering saya kunjungi dan tempati.



Hari diawali dari dapur dan segala urusan ada didapur, seperti dua sejoli yang gak bisa dipisahkan, wanita dan dapur. Saya pernah membaca sebuah kalimat, bahwa rasa malas itu mahal harganya. Dan disana saya berpikir, benar juga.. Jika suatu saat saya sedang malas berada didapur untuk memasak, pasti saya mengeluarkan banyak uang yang seharusnya bisa dipakai belanja untuk besok, akhirnya kepakai untuk beli lauk jadi diluar rumah, ya.. karena saya malas memasak.

Dari sana, saya juga berpikir bahwa dapur harus memberikan kenyamanan tersendiri untuk pemiliknya agar dia betah berlama-lama berada didapur. Gak masalah dapur kecil, asalkan ia bisa membuat nyaman sang pemilik pasti akan terasa menyenangkan. Dan beberapa hal ini tentang dapur yang menurut saya dia bisa membuat kita betah berada didalamnya.


Dapur memiliki tenpat yang strategis


Letak dapur juga menentukan malas tidaknya kita berada disana. Sebagai contoh, saya malas sekali pergi kedapur rumah ibu saya karena tempatnya yang jauh dan berada di paling ujung rumahnya. Selain itu, saya juga harus naik turun tangga untuk menuju kedapur. Ditambah lagi, banyak sekali ruang-ruang terbuka saat saya akan melewati jalan menuju dapur. Kan saya maunya kalau dirumah itu bebas, gak usahlah pakai jilbab karena ya memang dirumah saja. Cukup diluar rumah saja berjilbabnya. Jadi ngerasa kurang bebas aja kalau mau pergi kedapur.

Soal itu, sebenarnya saya sudah bilang ke Ibu saya untuk memindahkan dapur dengan rumah utama, didekatkan. Namun kata beliau jauh dari air hahaha.. ya sudahlah, enak malah gak sering kedapur kan ya Mak.. Tinggal makan aja :p.

Tempatnya luas dan gak begitu banyak barang


Nah ini nih, kalau dapur udah penuh dengan barang-barang, rasanya susah geraknya. Mau kesini kena ini dan mau kesitu kena itu, jadi ribet sendiri. Mungkin bagi kita yang gak punya kitchen set dan dapur terasa lebih sempit, kita bisa menata dapur kecil tanpa kitchen set dengan baik agar barang-barang yang seharusnya ada didapur tidak memenuhi tempat. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan barang-barang yang jarang dipakai diruangan lain agar tidak begitu penuh.

Selain itu, penempatan rak piring, kulkas, meja makan dan sebagainya harusnya sesuai dan dapat diatur sedemikian rupa agar tertata dengan baik. Tanpa kitchen set didapur bukan berarti kita membiarkan dapur berantakan bukan?

Usahakan juga untuk tetap meletakkan barang-barang dapur yang jarang dipakai tersebut ditempat yang mudah terjangkau. Jika kita sewaktu-waktu membutuhkannya, bisa langsung ambil dan pakai dengan mudah tanpa harus berantakin barang lainnya.

Sebenarnya, masih banyak hal-hal yang membuat wanita nyaman berada didapur selain hal diatas. Ya... Kalau saya sih semua bahan makanan ada, mau bkin apa aja bisa dalam artian jika kita butuh sesuatu sudah tersedia gitu deh. Itu sih masalah isi dapur ya haha.. Asal cermat mengatur keuangan saja dan pandai berbelanja kebutuhan yang sewaktu-waktu perlu, pasti berada didapur adalah hal yang menyenangkan. Bukan sebuah kebosanan dan malah males mau nyambangin dapur.

Kalau kamu? Males kedapur gak :D

1 comment: