Thursday, September 7, 2017

Tempat Makanan Anak dan Pilihan Makanan Sehat untuk Bekal ke Sekolah

Makan siang dan cemilan yang sehat sangat penting bagi anak-anak yang aktif. Membekali mereka dengan berbagai pilihan makanan sehat seperti buah segar sayuran yang renyah, makanan dengan kombinasi protein, susu, dan karbohidrat sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan dan aktivitas fisik mereka sehari-hari. Jika anak sudah memasuki usia sekolah, maka memilih makanan yang sehat, yang bisa membantu anak-anak berkonsentrasi lebih baik dan mengingat lebih kuat adalah pilihan tepat. Di samping menu makanan, kita juga tidak boleh melupakan tempat makanan anak, bukan hanya soal modelnya, melainkan bahan pembuatan wadah makan tersebut juga harus menjadi perhatian.



Sebagian besar wadah yang kita gunakan untuk membekali anak ketika pergi ke sekolah adalah wadah plastik, yang apabila kualitasnya tidak terjamin, hal tersebut bisa sangat berbahaya mengingat, makanan-makanan yang kita masukkan ke dalam wadah tersebut kadang-kadang adalah makanan yang masih dalam kondisi sangat panas, sehingga dapat menyebabkan proses kimiawi tertentu pada wadah plastik.

Bahayanya, hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker. Nah mulai saat ini, perhatikan setiap wadah yang digunakan untuk makan baik itu untuk bekal anak ke sekolah atau wadah-wadah yang digunakan di rumah.


Pilihlah hanya yang berkualitas dan memiliki jaminan mutu. Walaupun mungkin harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan wadah plastik yang tidak terjamin, tidak tahan panas, atau memang berkualitas rendah.


Pilihan makanan sehat yang cocok sebagai bekal anak


  • Buah segar
  • Sayuran yang renyah
  • Daging atau berbagai sumber protein lainnya seperti telur rebus, pasta kacang selai kacang, dan daging ayam tanpa kulit
  • Susu dan produk susu seperti keju dan yogurt
  • Makanan bertepung seperti nasi, beras merah, atau roti gandum bisa jadi pilihan
  • Air tanpa rasa (tanpa tambahan pemanis/gula)


Saran menu makanan untuk makan siang anak


Ada banyak pilihan menu makan siang yang bisa kita coba untuk membekali anak ketika pergi ke sekolah. Walaupun kadang-kadang sangat sulit untuk memutuskan mana menu yang terbaik ketika anak-anak cenderung menyukai makanan-makanan tidak sehat. Nah bunda, jika Anda tertarik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak, berikut adalah saran jenis makanan yang sebaiknya disertakan di dalam kotak makan.
  • Buah. Pilihan terbaik adalah buah segar atau buah kalengan. Sedangkan untuk buah buah kering yang lengket dan banyak mengandung gula (manis) sebaiknya tidak terlalu sering diberikan karena dapat menyebabkan anak mudah mengalami kenaikan berat badan (obesitas). Buah-buahan yang banyak mengandung gula seperti kurma sangat cocok apabila dimanfaatkan untuk mengembalikan energi anak setelah beraktivitas berat.
  • Sayuran. Ada beberapa jenis sayuran segar yang renyah, yang Anda coba masukkan ke dalam kotak makan siang anak di antaranya adalah: wortel, mentimun, dan tomat.
  • Produk susu. Berbagai produk susu mulai dari yogurt, susu, atau keju bisa menjadi sumber kalsium bagi anak. Tidak hanya berbentuk susu utuh, bunda juga bisa menambahkan susu ke dalam menu makan anak dalam bentuk ‘puding’ yang lezat. Namun ingat, ketika membuat makanan untuk anak, hindari menambahkan terlalu banyak gula karena hal tersebut justru tidak baik bagi mereka.


Variasi tambahan


Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang bisa menjadi variasi untuk menu makan siang anak yang bisa anda letakkan di tempat makanan anak yaitu:

Selai kacang, ikan tuna, telur rebus atau goreng, irisan daging, kacang panggang, parutan wortel dan selada, daging panggang, alpukat, buncis, mentimun, serta caviar.

Sebaliknya, sebisa mungkin hindari menambahkan coklat, madu, dan daging berlemak seperti daging asap. Jika ingin menambahkan kue atau muffin ke dalam menu makanan anak, bunda harus menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalamnya (seperti pisang, wortel, labu atau yang lainnya). Begitu juga dengan makanan-makanan seperti kue kering dan doughnut, sebaiknya hanya ditawarkan pada momen-momen spesial seperti, di hari ulang tahun atau acara-acara khusus saja, bukan disertakan di menu makan siang anak.


Keamanan ‘makanan’ di dalam kotak makan siang


Ada banyak kasus dimana makanan yang disimpan di dalam kotak makan siang selama berjam-jam dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari keracunan makanan hingga masalah kesehatan yang tidak dirasakan oleh anak seketika itu juga, melainkan bisa saja dampaknya terjadi ketika mereka dewasa kelak. Sehingga, kotak makan siang anak dan makanan yang dimasukkan ke dalam kotak makan siang perlu di perhatikan dengan baik.

Sarannya, pilihlah tempat makan anak yang terisolasi atau memiliki tutup yang cukup rapat untuk menghindari agar bakteri atau berbagai jenis penyakit tidak mudah masuk dan menyebabkan makanan terkontaminasi.

Jika memungkinkan, tunggulah makanan hingga agak dingin sebelum dimasukkan ke dalam kotak makan berbahan plastik. Selain itu, pilihlah tempat makanan anak yang memiliki banyak blok untuk memisahkan berbagai jenis makanan yang ada sehingga ketika dibiarkan dalam waktu lama makanan-makanan tersebut tidak tercampur yang berpotensi menyebabkan makanan menjadi basi atau rusak. Makanan-makanan yang mudah rusak seperti produk susu, telur, dan irisan daging harus dimasukkan dalam keadaan dingin, dan sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 4-5 jam setelah dipersiapkan.

No comments:

Post a Comment