Monday, January 30, 2017

Belajar Perubahan Mindset dari Orang Sukses

Hari ini, kita menemukan bahwa teknologi berkembang sangat pesat dan hampir setiap hari ada saja teknologi baru yang diluncurkan. Begitu juga dengan bisnis. Ada begitu banyak perubahan yang terjadi dalam model bisnis. Bahkan, start-up saat ini sudah semakin banyak bermunculan meninggalkan banyak metode bisnis tradisional.

Bahkan, bisnis online semakin diminati, dan sedikit demi sedikit menggerus bisnis offline.

Perubahan-perubahan tersebut, mau tidak mau akan kita hadapi dari hari ke hari. Jika kita tidak berubah, maka kita akan terlindas oleh zaman.

Kadang-kadang, seringkali perubahan tersebut datang dari dunia luar (eksternal). Berbagai kejadian yang kadang juga di luar kendali kita ikut menyebabkan perubahan-perubahan tersebut.

Walau demikian, tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu dan energi mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak penting.

Jika ingin belajar, setidaknya kita harus belajar dari orang-orang sukses.

Mengapa kita harus belajar dari orang-orang sukses?

Jawabannya sudah sangat jelas. Karena dari pengalaman merekalah kita bisa mendapatkan pelajaran paling berharga.

Orang-orang sukses tahu bahwa, perubahan telah dan akan terus berlangsung selama-lamanya. Jadi, mereka seringkali mengadopsi perubahan pola pikir tertentu yang membuat mereka terlihat berbeda, namun perubahan-perubahan tersebut adalah perubahan yang bisa membantu mereka mencapai sukses.


Perubahan mindset orang sukses



Mereka tidak ragu mengambil jalan lain


Orang-orang sukses menyadari bahwa selalu ada faktor eksternal yang berada di luar kendali mereka. Daripada mereka menghabiskan waktu dan energi untuk fokus pada hal-hal yang menghabiskan banyak waktu dan tidak terlalu menghasilkan, mereka cenderung memilih untuk fokus pada apa yang bisa mereka kontrol.

Business Way

Satu contoh, ada seorang penulis dan pengusaha asal Nigeria yang sukses sejak usia muda bernama Bamidele Onibalusi. Dia adalah inspirasi bagi ribuan calon penulis dan pengusaha.

Sejak usia 16 tahun Ia punya cita-cita untuk menghasilkan uang dari dunia online. Meskipun pada saat itu ia tidak memiliki akses komputer dan internet. Namun Ia tetap berusaha dengan mendekati pemilik warung internet untuk bermitra. Namun kemitraan yang berlangsung selama berbulan-bulan tersebut tidak membawa hasil yang nyata.

Tanpa ragu-ragu Ia yang mencoba jalan yang lain. Ini adalah sebuah perubahan. Untuk meraih mimpinya, 8 bulan pertama dia habiskan untuk menulis di blog dan menerbitkan sekitar 270 postingan.

Berbagi postingan tersebut dipublikasikan di Business Insider dan Problogger.

Salah satu artikelnya yang berjudul "30 Websites that Pay You to Contribute an Article" mampu menarik pembaca hingga 200.000 dalam 4 tahun terakhir. Dan saat ini tentu saja jumlahnya terus meningkat.

Sejak saat itu, orang-orang mulai menyadari potensi yang dimiliki oleh Bamidele Onibalusi. Dan kemudian permintaan untuk menulis semakin banyak. Di usia 18 tahun, ia adalah salah satu blogger top dari Nigeria dan saat ini telah memiliki situs sendiri yang diberi bernama Writers in Charge

Di situs tersebut, ia menulis berbagai inspirasi yang sangat cocok dibaca oleh setiap mereka yang ingin menjadi penulis atau calon penulis. Bahkan, dia juga membeberkan berbagai hal mengenai bagaimana caranya memulai karir dalam dunia tulis-menulis.


Selalu ada solusi untuk setiap masalah


Tidak sedikit orang yang merasa bahwa hidup ini terlalu keras. Akibatnya, mereka menyerah sebeleum memulai.

Satu contoh kecil, ketika kita ingin membangun sebuah website, ada banyak hal yang terlibat mulai dari hal teknis, hosting, pendaftaran domain, merancang web, coding, dan mungkin juga melibatkan orang-orang lain untuk menulis artikel.

Melihat daftar proses yang harus dilalui tersebut membuat banyak orang menyerah sebelum memulai. Hal tersebut layaknya sebuah gunung besar yang harus didaki. Dan kita tahu bahwa tidak semua orang mau mendaki gunung.

Kenyataannya, akan selalu ada solusi untuk setiap masalah. Walaupun saat ini kamu tidak tahu apapun soal website atau soal blogging, kamu tidak harus menyerah. Kalau tidak ada orang yang mau mengajari atau belum ada orang yang bisa menjadi mentor, jangan ragu-ragu untuk mengandalkan Google. Karena Google bisa menjawab hampir semua pertanyaan yang mungkin saat ini ada di benakmu.
Hasil gambar untuk pemecahan masalah
Solusi Bisnis

Ada ratusan bahkan ribuan tips nge-blog untuk pemula hingga tingkat advanced yang bisa kamu pelajari. Intinya, akan selalu ada solusi untuk setiap masalah. Jadi, jangan bilang sulit apalagi menyerah sebelum memulai.

Monday, January 9, 2017

Ingin Mata Tetap Sehat? Konsumsi 9 Makanan Ini Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan mata, banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari, menghindari sinar matahari langsung yang silau terutama di siang hari yang dapat menyebabkan mata menjadi rusak, tidak terlalu sering mengucek-ngucek mata terutama pada saat gatal dan teriritasi, konsumsi makanan sehat, dll. Itu semua adalah cara lain melindungi agar mata tetap sehat.

Selain itu, kebiasaan menatap gadget atau layar terlalu dekat dan terlalu sering juga dapat menyebabkan mata mudah sakit. Oleh sebab itu, hindarilah terlalu sering menatap gadget.



Namun jika diperlukan, cobalah untuk mengurangi kecerahan gadget, jauhkan gadget dari mata, dan gunakan font atau huruf yang besar dan mudah dibaca agar tidak memaksa mata bekerja terlalu keras.

Memeriksakan kondisi kesehatan mata setiap dua atau tiga tahun sekali ke dokter atau klinik akan membantu menjaga mata agar tetap sehat dan agar mata tetap mendapatkan perawatan sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Selain dengan beberapa cara di atas, cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memberikannya perawatan dari dalam dengan makanan.

Apa saja daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi agar mata menjadi sehat?


Makanan untuk kesehatan mata



Wortel


Untuk mencegah atau untuk mengobati mata minus, makanan yang paling banyak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah wortel.

Wortel yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten bisa membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan mata rusak atau menjadi minus.


Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3


Daftar makanan yang paling banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup tinggi adalah ikan salmon.

Akan tetapi, di Indonesia, ikan salmon tidak populer atau sangat sulit ditemukan. Sehingga, kita membutuhkan sumber-sumber lain yang juga mengandung asam lemak omega 3 untuk menjaga kesehatan mata.

Selain ikan salmon, asam lemak omega-3 juga bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan lain seperti ikan tuna atau ikan sarden. Selain itu, tentu saja minyak ikan kod yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk kemasan juga bisa menjadi sumber asam lemak omega 3.


Biji bunga matahari


Jika kamu suka mengkonsumsi biji bunga matahari sebagai cemilan, maka secara tidak langsung kamu sudah membantu menjaga kesehatan matamu. Karena, di dalam biji bunga matahari terkandung vitamin E, selenium, dan seng yang bisa bermanfaat untuk mencegah katarak atau masalah pada mata.

Ada banyak hal yang terjadi pada mata ketika usia kita bertambah tua, salah satunya adalah kaburnya penglihatan.

Rajin mengkonsumsi biji bunga matahari yang mengandung berbagai vitamin serta mineral, tertentu termasuk juga vitamin B2 akan sangat baik untuk menjaga sensitifitas mata terhadap cahaya sehingga akan terjaga dan tetap sehat.


Telur


Makanan selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan mata adalah telur. Telur mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti: vitamin B12, vitamin D, vitamin A, lutein, dan cysteine.

Khusus untuk lutein dan zeaxanthin, banyak ditemukan di bagian putih telur.

Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang bisa membantu mengatasi radikal bebas penyebab katarak atau degenerasi makula.


Buah alpukat


Kandungan buah alpukat salah satunya yang sangat bermanfaat untuk mata adalah asam lemak omega 3. Ya, buah alpukat merupakan buah yang bisa menjadi sumber asam lemak omega 3 selain berbagai jenis ikan yang telah disebutkan pada poin di atas.

Selain itu, alpukat juga mengandung lutein zeaxanthin serta beta karoten (vitamin A) yang baik untuk menjaga kesehatan mata serta untuk melindungi mata dari kerusakan


Tomat


Tomat yang dikenal sebagai buah sekaligus sayur ini juga cocok untuk menjaga kesehatan mata karena banyak mengandung vitamin A, likopen, dan vitamin C.

Tomat, baik itu dikonsumsi dalam keadaan segar, dibuat menjadi jus, atau dibuat menjadi sayuran, dan bahkan ketika tomat dibuat menjadi saus, berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya tidak akan rusak dan tetap dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.


Bawang putih


Bawang putih dikenal juga bisa membantu menjaga kesehatan mata karena bawang putih mengandung vitamin B1, vitamin C, selenium, quetiapine, dan glutathione.

Berbagai kandungan yang ada di dalam bawang putih tersebut menurut ahli kesehatan bisa membantu menjaga kesehatan mata kita dari berbagai bahaya seperti sinar ultraviolet atau radikal bebas.

Rajin mengkonsumsi bawang putih juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh dan bermanfaat juga untuk memperkuat sel-sel optik mata.


Sayur bayam


Diantara sayur-sayuran, sayur bayam merupakan salah satu sayur yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Namun, walaupun tidak berharga mahal bayam menyimpan sejumlah kandungan seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Secara khusus, bayam memiliki kandungan vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang dapat membantu mencegah berbagai masalah pada mata seperti penyakit glaukoma.


Brokoli


Selain sayur bayam, brokoli dianggap sebagai salah satu makanan yang sehat dan baik untuk menjaga agar mata bebas dari berbagai macam penyakit atau komplikasi.

Sayur brokoli banyak mengandung nutrisi. Di dalamnya juga terdapat lutein serta zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet.