Wednesday, March 7, 2018

6 Tempat Wisata di Kepulauan Selayar

Terkenal karena kehadiran Taman Nasional Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar menyimpan wisata lain yang tak kalah indah. Masuk dalam ke wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, lokasi kepulauan yang memiliki banyak pantai-pantai ini berada di bagian selatan Pulau Sulawesi.
Untuk sampai ke Pulau Selayar, salah satu starting pointnya adalah Kota Daeng si Ibukota Sulawesi Selatan. Salah satu caranya kamu bisa membeli tiket Lion Air di Reservasi.com dengan tujuan Kota Makassar. Kemudian di lanjut perjalanan 30-45 menit perjalanan udara untuk sampai ke Bandar Udara Aroepala.

image from tntakabonerate.com


Jika ingin menikmati pemandangan lautnya kamu bisa menaiki kapal cepat paling tidak memakan 2-3 jam perjalanan. Tentunya dua opsi ini bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginanmu.
Memiliki banyak tempat wisata, Kabupaten Kepulauan Selayar jadi destinasi pilihan bagi banyak orang. Banyak diadakan acara-acara menarik oleh pemerintah setempat, Kabupaten Kepulauan Selayar menyimpan potensi wisata yang besar. Sebelum datang ke pulau yang dijuluki Tanadoang ini, ada baiknya mengetahui sejumlah spot wisata yang bisa jadi referensimu untuk habisakan waktu berlibur.


1.Gong Nekara


Tak hanya menyimpan keindahan alam yang luar biasa, Kabupaten Kepulauan Selayar juga jadi saksi sejarah di zaman perdanganan dulu kala. Dengan ditemukannya Gong Nekara di Bontobangun pada tahun 1600an ini menjadi bukti jika Pulau Selajar jadi tempat transit para pedangan-pedagang dari berbagai negara. Sempat diteliti oleh ahli, Gong Nekara setelah di telusuri berasal dari Vietnam Utara. Benda sejarah ini juga ternyata menjadi gong terbesar Asia Tenggara dan tergolong yang paling tua di dunia.

2.Jangkar Selayar


Sama seperti Gong Nekara, Jangkar Selayar ini juga tanda bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar jadi tempat yang diperhitungkan pada zaman dulu karena lokasinya yang strategis. Bisa dikunjungi di desa Padang Selatan, Kabupaten Kepulauan Selayar, Jangkar Selayar ini juga menyimpan nilai sejarah. Selain ukurannya yang sangat besar, jangkar merupakan tanda jasa seorang saudagar cina yang sempat membela Indonesia di Pulau Selayar.

Jangkar dan sejumlah meriam yang ada di desa padang ini sebagai bukti kehadiran kapalnya. Enggan menyerahkan kepada museum, masyarakat memilih untuk menyimpan peninggalan sejarah ini di desa mereka.

Wisata sejarah di Pulau Selayar tentu bisa kamu dapat diantaranya dengan mengunjungi jangkar Selayar dan Gong Neraca. Soal biaya, kamu bisa manfaatkan promo tiket ke Makassar  yang bisa kamu dapat di situng booking pesawat. Selain lebih menghemat, mendapat promo setidaknya peluang yang perlu di ambil bukan?

3.Kampung Penyu


Sedang ramai-ramainya dibicarakan masyarakat sekitar, kampung penyu menjadi tempat wisata yang hits di kalangan wisatawan. Sebagai tepat konservasi akibat keprihatinan akan nasib penyu yang sering diburu dan dikonsumsi, warga di kampung penyu mulai sadar.
Berdiri sejak tahun 2013 lalu, kampung ini berlokasi sekitar 10 meter dari Kota Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Setidaknya ada empat jenis penyu yang ada di tempat konservasi ini. Uniknya wisatwan yang datang bisa mengadopsi penyu sebagai bentuk kepedulian pada alam dan melepasnya di pantai terdekat.

4.Pulau Karang Bahuluang


Merupakan pulau karang yang memanjang dan tak berpenghuni, Pulau Karang bahuluang digemari karena keunikannya. Hanya berupa gundukan pasir, pulau karang ini berada di tengah-tengah lautan biru. Pulau karang ini berada di Desa Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Fakta lain soal tempat wisata ini, bentuknya bisa berubah-rubah setiap waktu. Hal ini bisa terjadi karena kondisi pulaunya sendiri yang hanya berupa gundukan pasir.

Tertarik dengan pulau karang Bahuluang ini? kamu bisa gunakan promo tiket ke Makassar agar bisa dapat harga lebih murah. Seperti yang sudah diketahui, kamu perlu datang ke Makassar terlebih dahulu sebelum menginjakan kaki di Kabupaten Kepulauan Selayar.

5.Pulau Gusung


Relatif sepi dari wisatawan, kamu bisa memilih datang ke pulau gusung jika ingin pantai yang lebih privat. Masuk dalam kawasan Bontoharu, kabupaten Kepulauan Selayar, kamu akan merasa  rileks dengan pemandangan pasir pantai bersih putih dan airnya yang jernih. Terlebih jika kamu langit biru cerah, liburanmu sudah merupakan kebahagiaan pertama.

Kebahagiaan lainnya yang kamu bisa dapat dari pulau gusung ini, kamu bisa nikmati empat pantai dalam satu pulau. Empat pantai yang bisa kamu jelajah ini adalah Pantai Liang Kareta, Pantai Male-Malea. Pantai Liang Tarussu, dan Pantai Ballojaha.


6.Pulau Tinabo


Berlokasi di timur pulau selayar, kamu yang doyang dengan snorkeling apalagi diving akan benar-benar dimanjakan dengan keindahan bawah laut Pulau Tinabo. Termasuk deretan pulau yang kecil, kamu akan dikejutkan dengan beragam jenis kondisi lautnya.  Tak hanya itu, pemadangan bawah lautnya yang bikin betah, akan sangat cocok bagi kamu penggemar foto bawah laut untuk sepuas-puasnya mengekspor pulau yang jadi favorit banyak orang ini.

Berada tak jauh dari pulau Taka Bonerate, pulau ini jadi pilihan lain dengan jarak yang cukup dekat. Kamu yang doyang akan wisata air sebaiknya segera mencari promo tiket ke Makassar. Meski kamu berkecukupan, menghemat biaya tentu tetap perlu kamu lakukan. Selain itu untuk pilihan maskapai yang murah kamu bisa memilih untuk booking tiket Lion Air di Reservasi.com. Jadi mau mengajak siapa sebagai teman berliburmu kali ini?

No comments:

Post a Comment