Tuesday, May 29, 2018

Tips Berbelanja Sepatu Online agar Tidak Salah Pilih dan Pas di Kaki

Tidak bisa dipungkiri bahwa sepatu merupakan fashion item yang wajib dimiliki oleh seorang wanita. Jadi jangan heran kalau melihat wanita suka mengoleksi alas kaki, mulai dari sendal hingga high heels di lemari mereka. Bagi seorang wanita, sepatu bukan sekedar alas kaki belaka, lebih dari itu, sepatu-sepatu cantik yang mereka koleksi adalah sesuatu yang bisa membuat mereka merasa lebih percaya diri saat mengenakannya. Siapapun kamu, entah itu penggemar merk tertentu, pemburu barang murah, kolektor sepatu klasik, hingga pencinta sneakers, kamu pasti menginginkan sepatu yang terbaik dan yang paling pas serta nyaman digunakan. Sayangnya, hal semacam itu agak sulit kita dapatkan saat berbelanja online. Karena kita tidak bisa langsung mencoba dan merasakan sendiri sepatu tersebut sebelum dibeli. Sehingga, kemungkinan untuk mendapatkan sepatu yang kebesaran, kekecilan, atau tidak nyaman dikenakan sangat besar. Nah, agar kejadian-kejadian seperti ini bisa diminimalisir, sebaiknya simak tips berbelanja sepatu online agar tidak salah pilih dan pas di kaki berdasarkan pengalaman saya berikut ini.



Beli sepatu di online shop yang menawarkan produk original dan menawarkan fitur pengembalian barang


Sekarang, semakin banyak pelapak yang menawarkan sepatu dari berbagai merk dan jenis. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin tidak pernah kamu dengar dan lihat sama sekali. Dari pengalaman saya berbelanja sepatu atau alas kaki online, saya selalu mempercayakan olshop yang menawarkan produk-produk berkualitas serta menawarkan fitur pengembalian barang. Alasannya simpel, biasanya produk original memiliki kualitas yang terjamin, ukuran yang tidak melenceng, serta profesionalitas yang akan bikin kita mudah saat komplain.


Salah satu online shop yang saya rekomendasikan adalah toko sepatu wanita Sophie Paris yang menawarkan aneka rupa alas kaki cantik dengan pilihan warna yang lengkap, mulai dari sepatu kondangan, high heels, flat shoes, sneaker, hingga sendal-sendal model terbaru yang gaya dan trendy.


Jangan tertipu harga murah


Kapok belanja barang-barang murah? Sebenarnya nggak juga sih... Kalau ada produk bermerek yang ditawarkan dengan harga kelewat murah, jangan mudah tergiur. Tapi kalau produk bermerek itu didiskon gila-gilaan pada situasi tertentu; misalnya ketika ada flash sale atau di moment-moment seperti Lebaran atau harbolnas kamu boleh-boleh aja percaya. Tapi kalau ditawarkan dengan diskon gila-gilaan di hari-hari biasa, kamu perlu curiga. Agar tidak tertipu, pastikan kamu mengecek review orang-orang yang pernah belanja atau membeli produk yang sama dan di toko yang sama.

Bagi saya sendiri, saat memilih sepatu atau pakaian, saya lebih percaya pada produk-produk yang harganya agak mahal. Walaupun terpaksa mengeluarkan lebih banyak uang, tapi biasanya kualitas dan tingkat kepuasan yang akan saya dapatkan sebanding dengan uang yang saya keluarkan. Walaupun bukan jaminan 100%, tapi ada beberapa keuntungan berbelanja barang mahal, seperti:
  • Sebagian besar adalah produk original
  • Produk yang dihargai mahal biasanya dibuat dengan lebih teliti, lebih presisi, dan berkualitas
  • Menggunakan bahan terbaik. Sehingga penggunaannya bisa awet


Jadilah wanita yang Setia!


Apa hubungannya “setia” sama belanja online?!

Kalau kamu pernah punya pengalaman yang “menyenangkan” ketika membeli sepatu merk tertentu, kamu bisa mengulangi lagi pengalaman yang sama atau pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan membeli lagi merk yang sama.

Karena seperti yang sama-sama kita tahu, kadang-kadang ukuran sepatu (dengan angka yang sama) lebar dan panjang sol-nya bisa berbeda antara merek yang pernah kamu pakai dengan merek yang lainnya. Jadi, kalau kamu merasa nyaman dan pas dengan merk tertentu. Sebaiknya belilah sepatu dengan merek yang sama. Cara ini lebih menjamin jika dibandingkan dengan berbelanja sepatu merek lain yang nggak pernah kamu pakai.


Perhatikan deskripsi produk


Kalau kamu tidak ingin terpaku dengan satu merek seperti tips yang saya tawarkan pada poin di atas, kamu wajib mantengin deskripsi produk yang akan kamu beli. Dari keterangan tersebut, kita bisa mengetahui dengan pasti panjang dan lebar sol sepatu, tingginya, hingga bahan-bahan yang digunakan. Jika produk yang kamu taksir tidak menyertakan deskripsi yang lengkap, jangan patah arang. Hubungi saja langsung pembelinya dengan fasilitas chat yang disediakan di toko online tersebut.

Kalau ada salah satu item yang sudah terlanjur bikin kamu kesengsem dan bikin kamu nggak nyenyak tidur, tapi sayang, produk tersebut tidak dilengkapi deskripsi sama sekali dan kebetulan sulit menghubungi penjualnya buat “diinterogasi,” kamu bisa mencoba cara lain.

Salah satunya, kamu bisa mengandalkan mesin pencarian Google untuk mencari deskripsi produk/merk yang sama. Setelah yakin dengan ukuran, bahan, harga, dan lainnya, kamu bisa kembali ke toko sebelumnya buat check out sepatu impianmu tadi.

Itulah beberapa tips berbelanja sepatu online agar tidak salah pilih dan pas di kaki yang sering saya terapkan untuk diri sendiri ataupun ketika diminta membeli untuk orang lain. Karena lumayan lho... kalau sampai salah pilih dan tidak ada fitur pengembalian, terpaksa sepatu tersebut harus kita jual kembali atau akan berakhir di gudang. Kalaupun ada fitur pengembalian barang, itu akan banyak makan waktu buat packing kembali, nganter ke kantor pos, konfirmasi dengan penjualnya, dan lain-lain. So, be aware...

No comments:

Post a Comment