Wednesday, May 30, 2018

‎Tips Menuju Pulau Weh, Pesona Keindahan di Ujung Paling Barat Indonesia

Suguhan panorama alam Indonesia memang tidak ada bandingannya. Dari Sabang sampai Merauke, tersembunyi deretan pesona wisata yang dengan pemandangan yang begitu luar biasa. Begitu pula dengan Pulau Weh, pulau yang terletak di ujung paling barat Indonesia.

Pulau Weh merupakan pulau terbesar yang ada di Kota Sabang, Aceh. Pulau ini terbentuk secara vulkanik akibat letusan gunung berapi pada zaman Pleistosen. Karenanya, tak heran jika batu-batu vulkanik banyak dijumpai di pulau ini.

Source : damninloveindo

Pantai yang eksotis dan alam bawah laut yang indah merupakan suguhan utama yang akan memanjakan Anda di Pulau Weh. Beberapa destinasi yang tak boleh Anda lewatkan di antaranya adalah Pantai Iboih, Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Sumut Tiga, serta Pantai Ujung Kareung.

Tak hanya pantai, pegunungan dengan bukit-kukit cantik dan hutan hijau juga menjadi daya tarik utama dari pulau yang satu ini. Saat Anda menuju ke Titik Nol Kilometer Indonesia—ikon Kota Sabang yang menjadi simbol batas terluar NKRI, Anda akan disuguhi dengan panorama hutan tropis yang rindang dan asri selama perjalanan. Jika beruntung, Anda juga akan melihat sekelompok monyet ekor panjang yang sedang bersantai di tepi jalan.


Cara Menuju Pulau Weh


Cara menuju ke Pulau Weh sebenarnya cukup mudah. Soal bujet, Anda juga tidak perlu khawatir menguras uang berlebih untuk biaya transportasi. Jika Anda cerdas dalam memilih dan mengetahui tips-tips mendapatkan tiket pesawat murah, bujet yang Anda keluarkan pastinya tidak begitu besar dan dapat ditekan.


Penerbangan Jakarta – Aceh


Jika dari Jakarta, Anda bisa mengambil penerbangan menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh. Harga tiket pesawat Jakarta – Aceh ini umumnya berkisar mulai dari Rp800.000. Sedangkan untuk maskapainya, tersedia pilihan maskapai Lion Air, Citilink, Batik Air, Serta Garuda Indonesia.

Untuk menghindari harga tiket yang melonjak saat liburan, sebaiknya segera rencanakan perjalanan dan pesan tiket pesawat jauh-jauh hari. Jika ingin mencari tiket pesawat promo, layanan pemesanan tiket pesawat murah dari Airy juga bisa menjadi solusi terbaik. Di sana, Anda bisa menemukan banyak pilihan tiket pesawat murah ke berbagai kota di Indonesia, termasuk Banda Aceh.
Proses pemesanan tiket di Airy juga sangat mudah dan praktis. Anda bisa menggunakan situs resmi Airy Rooms atau melalui aplikasi Airy App yang tersedia di iOS dan Android. Setelah memilih maskapai dan waktu keberangkatan yang diinginkan, Anda bisa langsung lanjut ke proses pembayaran melalui kartu kredit, transfer antar bank, secara langsung di gerai Indomaret terdekat. Setelah pembayaran dikonfirmasi oleh sistem, e-tiket akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Bandara Sultan Iskandar Muda – Pelabuhan Ulee Lheue


Nah, dari Bandara Sultan Iskandar Muda yang terletak di Kecamatan Blang Bintang, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ulee Lheue yang berada di Kota Banda Aceh. Beberapa alat transportasi yang bisa Anda pilih di antaranya ada bus damri, taksi, becak motor, atau kendaraan khas Aceh yang disebut labi-labi.

Soal tarif, keempat alat transportasi tersebut mematok tarif yang berbeda-beda. Taksi disesuaikan dengan argo. Bus damri dari bandara dipatok dengan harga Rp20.000 per orang. Becak motor tergantung dengan penawaran. Sedangkan labi-labi menawarkan harga untuk rombongan dan untuk perorangan.

Perlu diingat, mencari becak motor dan labi-labi agak sulit di lingkungan bandara. Jadi sebaiknya Anda berjalan keluar kompleks bandara jika ingin mencari kedua alat transportasi tersebut.

Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh – Pelabuhan Balohan, Sabang


Sesampainya di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, perjalanan ke Pulau Weh bisa Anda lanjutkan menggunakan kapal cepat atau kapal lambat. Untuk kapal lambat, setiap harinya ada tiga kapal yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan, Sabang, yakni pada pukul 08.00, 11.00, serta 16.00. Untuk kapal lambat dengan lama perjalanan 2 jam ini, harga tiketnya adalah Rp25.000. Sementara untuk kapal cepat dengan lama perjalanan sekitar 45 menit, ada 2 jadwal keberangkatan yang bisa Anda pilih setiap harinya, yakni pada pukul 08.00 dan 14.30, dengan harga tiket Rp85.000 per orang.

Nah, itulah beberapa tips untuk menuju ke Pulau Weh. Bagaimana? Sudah ada rencana untuk berkunjung ke pulau paling barat Indonesia tersebut? Jangan lupa untuk mendapatkan tiket pesawat Garuda Indonesia promo dari Airy sebelum kehabisan ya.

No comments:

Post a Comment