Friday, August 3, 2018

Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Meminjam Uang Terlalu Banyak Saat Membuka Usaha?

Saat akan membuka usaha, memiliki modal jadi kunci utama agar rencana yang telah dibuat dapat berjalan sesuai harapan. Karena, dengan modal yang memadai Anda bisa memiliki keleluasaan untuk menjalankan semua rencana sampai usaha tersebut berjalan dan menghasilkan. Modal sendiri bisa berasal dari modal pribadi atau uang pribadi yang dijadikan modal usaha. Selain itu, modal juga bisa berasal dari uang pinjaman yang Anda dapatkan. Meski meminjam uang kini terasa mudah karena kehadiran platform pinjaman online Momaju, namun sebaiknya Anda tidak meminjam uang terlalu banyak saat akan membuka usaha.


Pembayaran cicilan yang memberatkan


Saat Anda meminjam uang, maka Anda harus siap dengan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Pembayaran cicilan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan dan Anda sebaiknya menyisihkannya setiap bulan. Selain itu, cicilan juga berupa pokok pinjaman dan bunga yang dibayarkan setiap bulannya. Karena Anda diwajibkan untuk membayar bunga, maka sebaiknya pinjamlah uang secukupnya agar cicilan setiap bulannya tidak terlalu memberatkan usaha yang Anda jalani.


Break Even Point yang semakin lama


Saat Anda meminjam uang terlalu banyak, maka cicilan akan semakin besar setiap bulannya. Kondisi ini tidak hanya memberatkan kondisi keuangan usaha Anda melainkan juga membuat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Break even Point menjadi semakin lama. Bagi para pengusaha, break even point merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu. Karena, pada saat bisnis telah mencapai break even point, maka sebagai pengusaha Anda bisa mendulang keuntungan setelahnya sebagai hasil dari jerih payah Anda.


Laba yang tidak bisa dimanfaatkan


Saat Anda telah mencapai break even point, setelah itu laba yang Anda dapatkan bisa menjadi keuntungan secara riil. Selain bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, laba tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha kembali. Dengan mengembangkan usaha, maka bisnis yang Anda bangun akan semakin besar dan tentunya akan menghasilkan keuntungan yang semakin besar lagi.

No comments:

Post a Comment